Pecahkan Masalah Lokal dengan Wawasan Global Lewat CommTECH Camp 2018

09 Jul 2018 13:37 Pendidikan

Direktorat Hubungan Internasional Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya kembali menggelar acara Community and Technological (CommTECH) Camp. Acara yang diselenggarakan dua kali dalam setahun ini diselenggarakan selama 13 hari, mulai tanggal 9 Juli-21 Juli 2018.

Sesuai dengan jargonnya, 'Solving Local Problems with the Global Knowledge' acara ini sebagai wadah bagi para akademisi mancanegara untuk berdiskusi dan memecahkan masalah lokal dengan wawasan global. CommTECH Camp kali ini mengambil topik tentang laut dengan tetap mengkombinasikan antara budaya dan teknologi. 

Direktur Hubungan Internasional ITS, Maria Anityasari mengatakan jika CommTECH  Camp 2018 ini sangat spesial lantaran menawarkan tiga course yang dapat dipilih para peserta.

"CommTECH Camp 2018 spesial yakni adanya tiga course yang dapat dipilih oleh peserta. Diantaranya yakni Exploring the Ocean: Mapping Sea Surface and Seabad surface, Exploring The Biodiversity of Coastal System, dan Build Your Own Boat: Designing, Building and Operating Unmaaned Surface Vehicle," ucapnya.

Tak hanya itu saja, ia juga menambahkan CommTECH Camp 2018 ini 70 persen dilakukan dilapangan. "Kalau dulu kita biasanya class room atau diskusi. Tapi sekarang mereka akan terjun di lapangan. Ada yang di Pulau Madura melakukan kegiatan hingga menganalisis hasilnya.

Yang kedua ada yang datang ke mangrove mencari spesies-spesies baru. Yang ketiga akan membuat kapal," lanjutnya.

Dengan adanya kegiatan ini Maria berharap agar dapat memberikan dampak positif bagi seluruh masyarakat Indonesia khususnya Surabaya. "Kami sangat berharap bahwa program ini akan membuka, memperkuat, dan meningkatkan hubungan antara ITS dan Universitas peserta di seluruh dunia serta dapat memberikan dampak positif bagi ITS, Surabaya dan Indonesia," pungkasnya. (amm)

Penulis : Amanah Nur Asiah


Bagikan artikel ini