Ketua DPC PDIP Lamongan, Saim, saat ditemui awak media. (Foto: Nasih/ngopibareng.id)

PDIP Lamongan Condong Pilih Calon dengan Elektabilitas Tinggi

Politik 18 September 2019 15:19 WIB

Dewan Pimpinan Cabang PDIP Lamongan telah selesai menjaring nama tokoh-tokoh yang berniat untuk maju sebagai bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati Kabupaten Lamongan.

Partai yang identik dengan simbol moncong putih tersebut mengantongi sembilan nama tokoh potensial yang bakal diusung untuk pemilihan Bupati Lamongan 2020 mendatang.

Saat ini berkas lamaran pendaftaran bakal calon bupati maupun wakilnya, telah dikirim ke DPD PDIP Jatim di Surabaya. Selanjutnya, dari nama-nama yang dikirim ini akan dilakukan fit and proper test untuk melihat kelayakan dari calon sesuai dengan kriteria partai.

Ketua DPC PDI Perjuangan Lamongan, Saim mengatakan jika calon yang nantinya bakal diusung PDIP adalah orang yang mempunyai elektabilitas tinggi.

"Pastinya elektabilitas calon itu sendiri, dan nanti dari DPP PDIP akan melakukan survei terhadap calon yang telah mendaftar," katanya saat ditemui awak media, Rabu, 18 Agustus 2019.

Menurutnya, dengan mengusung calon yang punya elektabilitas tinggi, akan gampang diterima oleh masyarakat.

"Dengan hasil survei yang elektabilitasnya tinggi itu. Sehingga ketika nanti maju, rakyat merespon dengan baik. Intinya, calon yang dikehendaki masyarakat harus kita usung," terangnya

Ditanya mengenai siapa tokoh yang berpotensi diusung PDIP untuk Pilbub Lamongan 2020, ia tidak mau berspekulasi lebih jauh, karena masih menunggu tahapan hasil fit and proper test.

"Saat ini seperti yang kita lihat memang survei tertinggi Yuhronur (Sekda Lamongan). Calon lain juga punya potensi naik, seperti Sholahuddin. Tapi itu survei saja. Kita masih ada mekanisme partai yang harus dijalani," imbuhnya.

Berdasarkan hasil survei, nama Yuhronur Efendi berada di posisi teratas. Setelah itu, di bawahnya ada nama Kartika Hidayati yang saat ini menjabat sebagai Wakil Bupati Lamongan, dan disusul Sholahuddin seorang pengusaha jagung sekaligus asisten pribadi KH Ma'ruf Amin.

Berdasarkan survei, nama Sekretaris Daerah Lamongan, Yuhronur Efendi mempunyai elektabilitas yang cukup tinggi. Penyebabnya, dia sudah lama start untuk running maju dalam pemilihan Bupati Lamongan 2020 nanti, dibandingkan dengan calon lainnya. 

Sampai saat ini, DPC PDIP Lamongan belum menentukan siapa bakal calon Bupati Lamongan yang bakal diusung dalam Pilkada Lamongan 2020, karena ada tahapan yang harus dijalankan partai.

Diketahui, nama yang mendaftar sebagai Bacabup adalah K.H. Bi’in Abdussalam (mantan Ketua PCNU Lamongan), Sholahuddin (asisten pribadi Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin), Sekda Lamongan Yuhronur Effendi, Wakil Bupati Kartika Hidayati, Suroto (mantan Sekjen GMNI Jatim), Suhandoyo (politisi kader PDIP) dan Kaharudin (Ketua Partai Nasdem Lamongan).

Penulis : Nasih Farihuddin

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

05 Jun 2020 22:28 WIB

Pilkada Serentak, Pemkot akan Koordinasi dengan Beberapa Pihak

Surabaya

Untuk menentukkan teknis pelaksanaan dan anggaran.

22 May 2020 21:54 WIB

PDIP Tak Kunjung Keluarkan Nama Cawali Surabaya karena Corona?

Pilkada

Awi menjelaskan apa yang membuat PDIP belum keluarkan nama Cawali

24 Apr 2020 16:53 WIB

Sosiolog UI: Atasi Corona Jangan Banyak Retorika

Politik

Wabah Corona dijadikan tunggangan bakal calon kepala daerah.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...