Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut 2, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) - Puti Guntur Soekarno.

Pastikan Kemenangan di Mataraman, Kampanye Akbar Gus Ipul-Puti Digelar Hari Ini di Madiun

Politik 21 June 2018 11:52 WIB

Gerak pemenangan Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Cawagub Puti Guntur Soekarno kian dimantapkan. Hari ini, Kamis, 21 Juni 2018, dihelat kampanye akbar duet Nahdliyin dan nasionalis itu di Lapangan Gulun, Kota Madiun.

“Kampanye dihadiri puluhan ribu massa dari kawasan Madiun, Magetan, Ngawi, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, kawasan Mataraman, dan berbagai wilayah Jawa Timur,” ujar Ketua PDI Perjuangan Jatim, Kusnadi.

Pasangan Gus Ipul dan Puti diusung oleh PDIP, PKB, Gerindra, dan PKS. Duet ini mendapat nomor urut 2 dalam Pilgub Jatim yang digelar 27 Juni mendatang.

Kusnadi mengatakan, tema sentral dalam kampanye ini adalah memantapkan kemenangan Gus Ipul-Puti. Apalagi, kawasan Mataraman (kawasan barat Jatim) dikenal secara historis sebagai basis kaum nasionalis dan Sukarnois.

“Pilkada adalah seleksi kepemimpinan berdasarkan kehendak rakyat, bukan manuver elite. Gus Ipul dan Mbak Puti sebagai cerminan harapan rakyat bakal memantapkan gerak pemenangan hari ini, melalui konsolidasi puluhan ribu massa. Kita pastikan Gus Ipul dan Mbak Puti selalu dekat dengan rakyat,” ujar Kusnadi.

Sekretaris PDIP Jatim Sri Untari menambahkan, kampanye akbar juga bakal dihiasi para budaya dari berbagai daerah di Jatim. Di antaranya rampak barong Trenggalek, reog Ponorogo, Tari Penthul Melikan Ngawi, jaranan Malang, dan Tari Gandrung Banyuwangi. Ada pula aksi pencak silat dari Madiun.

“Parade budaya ini menunjukkan keberpihakan Gus Ipul dan Mbak Puti pada pengembangan kebudayaan. Pembangunan dengan pendekatan kebudayaan akan menjadi poros keduanya saat memimpin Jatim, sebuah provinsi yang kaya seni-budaya,” papar Sri Untari.

Sejumlah tokoh nasional hadir dan bakal menyampaikan pidato politik, di antaranya Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. Gus Ipul dan Puti juga bakal berorasi menyampaikan program kerjanya di hadapan puluhan ribu massa itu.

Jajaran kiai Nahdlatul Ulama juga turut serta, dan akan memimpin doa bersama puluhan ribu massa.

“Mohon doanya semoga acara lancar dan berkah. Aktivitas ini juga melibatkan ribuan usaha kecil penjaja makanan dan minuman, yang Insya Allah mendapat berkah rezeki dengan hadirnya puluhan ribu pendukung Gus Ipul dan Mbak Puti,” pungkas Sri Untari. (frd/wah

Penulis : Farid Rahman

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

24 Sep 2020 01:00 WIB

Sejarah Baru, Pilwalkot Semarang Diikuti Calon Tunggal

Pilkada

Pilwalkot Semarang akan diikuti calon tunggal untuk pertama kalinya.

24 Sep 2020 00:43 WIB

Penangguhan Penahanan, Vicky Prasetyo Bayar Jaminan Rp200 Juta

Gosip Artis

Kebebasan Vicky Prasetyo tidak gratis. Dia bayar uang jaminan Rp200 juta.

24 Sep 2020 00:14 WIB

Masker Kain Standar SNI untuk Lawan Covid-19

Nasional

Masker kain untuk lawan Covid-19 harus berstandar SNI.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...