Pasar neng tengah alas kok seru to yooo. Foto:Istimewa
Pasar neng tengah alas kok seru to yooo. Foto:Istimewa

Seru di Tengah Alas, Pasar Karetan Sukses Hipnotis Peserta Pra Rakornas Kemenpar. Mosok Tenan sih...

Ngopibareng.id Destinasi 13 March 2018 12:04 WIB

Apa kabar Pasar Karetan? Sepertinya pasar yang satu ini makin keren abis. Pasar kekinian ini jadi perbincangan dimana-mana. Termasuk di level Kementerian Pariwisata.

Rupanya benar adanya, Pasar Karetan yang berada di Radja Pandapa Camp, Kendal, Jawa Tengah, ini menjadi percontohan di Pra Rakornas I Kemenpar, di Hotel Harris Vertu, Jakarta, Senin (12/3), kemarin. Selamat buat Pasar Karetan.

Pasar besutan Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Jateng ini, menjadi referensi bagaimana membuat destinasi digital. Mulai dari awal hingga berkelanjutan. 

Ada payungnya juga ada bocah asik bermain juga Mau bilang apalagi hayooo FotoIstimewaAda payungnya juga, ada bocah asik bermain juga. Mau bilang apalagi hayooo. Foto:Istimewa

Bagaimana membuat tempat yang dulu sepi, sekarang ramai. Tempat yang dulunya biasa saja, sekarang masyarakatnya sadar pariwisata. Ini merupakan ide sebuah tantangan.

"Yaitu untuk membuat kopdar rutin, terinspirasi dari berbagai pasar di luar negeri yang unik-unik. Seperti mall Marceau Market Perancis, Eat & Eat Gandaria dan lain-lain," ujar Ketua Pelaksana Pasar Karetan, Mei Kristianti.

Radja Pendapa adalah sebuah pilot project. Kawasan hutan ini, disulap GenPI menjadi kawasan Instagramable melalui Pasar Karetan. Dan berubah menjadi destinasi digital. Pasar zaman now ini juga bekerjasama dengan pemerintah daerah dan pemilik pribadi. Setelah itu, sosialisasi gencar dilakukan ke penduduk.

Ah keren abis selpi dulu yak fotoistimewaAh keren abis, selpi dulu yak.... foto:istimewa

"Konsepnya harus yang Instagramable, dari 360 derajat harus bagus. Itu mempengaruhi orang untuk datang lagi. Dekorasi harus bagus. Agar terlihat kece buat foto-foto," kata Mei.

Selain itu, harus digencarkan sosialisasi ke media sosial. Mei menegaskan followers harus banyak, dan harus asli bukan hasil dari beli akun media sosial.”Pengunjung Pasar Karetan bisa mencapai 4 ribu orang. Kalau tidak asli, tidak akan bisa sebanyak itu," ungkapnya.

Berikutnya, melakukan kurasi terhadap lapak-lapak yang akan berjualan di destinasi digital. Lapak harus sesuai dengan konsep pasar yang telah ditentukan. Pasar Karetan misalnya, makanan yang dijual jarang ditemui di tempat biasa.

"Ada Role and Play. Mereka tampilannya seperti apa? Dagangan lapak harus enak, dan harganya juga harus bersahabat," tutur Mei.

Aihhh menunya bikin dompet gampang terbuka FotoIstimewaAihhh menunya bikin dompet gampang terbuka. Foto:Istimewa

Selain lapak jualan, juga harus ada aktivitas lainnya yang menarik. Seperti ada dolananan anak tradisional semacam bakiak, enggrang, panahan, dan sebagainya.

"Permainan-permainan tradisional itu sangat menarik bagi pengunjung keluarga. Untuk anak-anak muda selain spot foto yang unik, bisa juga disediakan pertunjukan ringan seperti live music, tari tradisional atau workshop-workshop yang mengikuti perkembangan jaman," paparnya.

Saat ini, omset Pasar Karetan mencapai Rp 30 juta hingga Rp 40 juta per pekan. Kalau ditotal, per tahun omset pasar ini bisa mencapai Rp 1,6 miliar-Rp 1, 9 miliar.

"Destinasi digital ini sangat memberikan efek perekonomian kerakyatan untuk masyarakat sekitarnya. Selain itu, juga memberikan wadah bagi generasi muda untuk berkreasi," ujarnya.

Mari duduk dan makan sepuasnya atau duduk saja sambil kenalan sama yang jual juga oke fotoistimewaMari duduk dan makan sepuasnya, atau duduk saja sambil kenalan sama yang jual juga oke... foto:istimewa

Sukses pasar Karetan ini membuat Walikota Semarang menawarkan 3 tempat lagi untuk GenPI Jateng. Dua di antaranya berada di Kota Lama dan Kota Pecinan di Semarang dengan luas 56 hektare.

Keunggulan lainnya Pasar Karetan adalah 1001 titik selfie. Hal inilah yang memaksa pengunjung selalu mengeluarkan smartphone-nya dan selalu berfoto. 

Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, kondisi ini berbeda dengan pasar-pasar zaman dulu, yang hanya membutuhkan lapak, tempat menata barang dagangan, bertemulah pembeli dan penjual. Di Pasar Karetan ini pasar penuh aturan.

“Itulah digital lifestyle anak-anak muda. Selalu memikirkan impression, objek foto Instagrameble, interaktif, viral, trending topic, dan tema-tema khas online sosial media. Di mana ada objek anti mainstream, di situ mereka berkumpul,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Digital lifestyle itu, kata Menpar Arief Yahya, harus interaktif, berbasis online, bercerita dengan video, gambar, sedikit text, viral alias dari HP ke HP. Bukan lagi dari mulut ke mulut, karena mulut mereka adalah gadget, signal, dan wifi.

“Bagus, konsep Pasar Karetan ini! Silakan datang tiap Minggu pagi. Ajak juga keluarga atau teman-temannya,” ajak Menpar Arief.(*)

Penulis : Widi Kamidi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

11 Aug 2020 21:05 WIB

Genjot Wisata, Pemkot Malang Gencarkan Safari Protokol Covid-19

Jawa Timur

Safari bertujuan meningkatkan kepercayaan wisatawan.

07 Aug 2020 10:30 WIB

HUT RI Saat Pandemi, Kemenparekraf Bikin Lomba Berhadiah Semiliar

Nasional

Peringatan dirayakan di tengah pandemi Covid-19.

03 Jun 2020 17:57 WIB

Masjid-masjid di Zona Hijau Jawa Tengah Boleh Dibuka

Nusantara

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo tidak mau dianggap gegabah.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...