Optimis Naik Tingkat, Kabupaten Pasuruan Siapkan KLA

29 May 2019 10:00 Ngopibareng Pasuruan

Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf menerima kunjungan Tim verifikasi lapangan Kabupaten Layak Anak (KLA), Rabu 29 Mei 2019. Tim yang dikoordinatori oleh Taufieq Uwaidha tersebut diterima di Kantor Bupati Pasuruan, Komplek Perkantoran Pemkab Pasuruan.

Dalam sambutannya, Bupati Irsyad Yusuf menegaskan bahwa Pemkab Pasuruan telah menindaklanjuti program dan kegiatan yang berhubungan dengan pemenuhan hak dan perlindungan anak (PHPA). Yakni melalui Perda (Peraturan Daerah) Nomor 4 tahun 2018 tentang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, serta Perbub Nomor 1086 tahun 2019 tentang Pengembangan Layak Anak.

“Kita ingin betul-betul menjamin terpenuhinya hak dan perlindungan anak. Maka dari itu, kebijakan saya buat untuk membantu masyarakat agar mengetahui pentingnya memperhatikan setiap hak anak, dan tentu saja menghindarkan diri dari kasus-kasus yang menjadikan anak sebagai korban kekerasan atau kejahatan lainnya,” ujarnya.

Seperti diketahui, hasil evaluasi penilaian mandiri sampai dengan tanggal 5 April 2019, Kabupaten Pasuruan mendapat skor 886,03. Artinya terbagi dalam 1 kelembagaan, 5 kluster dan klaster kecamatan, desa/kelurahan layak anak. Kata Irsyad, tahun 2018 lalu Kabupaten Pasuruan telah mengikuti evaluasi KLA dan mendapatkan apresiasi tahap prata. Sehingga dirinya berharap ada peningkatan kelas kategori pada tahun 2019, yakni dari Pratama menjadi Nindya.

Sementara itu, hasil evaluasi tim verifikasi lapangan KLA untuk Kabupaten Pasuruan sudah bagus. Meskipun ada beberapa hal yang harus diperbaiki, mulai dari isi Perda hingga efektifitas sarana dan prasarana penunjang KLA.

“Ada beberapa hal yang harus dibenahi. Nanti hasilnya kita serahkan kepada Pemkab Pasuruan sebagai bahan evaluasi ke depannya. Semoga bisa menyusul Solo dan Surabaya yang sudah meraih Kategori Utama se-Indonesia,” ucap Taufieq dalam paparannya.

Pemaparan tersebut dilaksanakan di Gedung Serbaguna Pemkab Pasuruan dihadiri Wakil Bupati Pasuruan Abdul Mujib Imron, Sekda Agus Sutiadji, Kasubdit Perlindungan Anak pada Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional) Yosi Diani Tresna, para Kepala OPD terkait serta camat se-Kabupaten Pasuruan. (emil)

Reporter/Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini