Nigeria Singkirkan Juara Bertahan Kamerun

07 Jul 2019 02:52 Dunia

Nigeria berhasil melaju ke babak perempat final Piala Afrika 2019 usai menyingkirkan juara bertahan Kamerun 3-2 di babak 16 besar. Sempat tertinggal 1-2 di babak pertama, Si Elang Super berhasil melakukan comeback di babak kedua.

Bermain di Stadion Alexandria, Mesir, Sabtu 6 Juli 2019 waktu setempat, Nigeria langsung menekan Kamerun di awal laga. Anak asuh dari Gernot Rohr mendapat beberapa peluang di awal laga.

Hasilnya, Nigeria berhasil unggul di menit ke-19. Striker Nigeria, Odion Ighalo berhasil mencatatkan namanya di papan skor usai memanfaatkan umpan rekannya, Kenneth Omeruo. Ighalo yang berdiri bebas tanpa kesulitan menaklukan kiper Kamerun, Andre Onana.

Kamerun berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-41 melalui sepakan voli Stephane Bahoken yang gagal dihalau oleh kiper Nigeria, Daniel Akpeyi.

Satu menit jelang turun minum, Kamerun berbalik unggul lewat Clinton N’Jie. Pemain asal klub Olympique Marseille tersebut berhasil memanfaatkan umpan Bahoken. Skor 2-1 untuk keunggulan Kamerun bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, permainan berjalan terbuka. Kedua negara silih berganti melakukan serangan. Nigeria yang merupakan juara Piala Afrika 2013 berhasil menyamakan kedudukan menit ke-63. Ighalo berhasil membobol gawang Kamerun untuk kedua kalinya di laga ini usai umpan matang dari Ahmed Musa.

Hanya berselang tiga menit, Nigeria kembali unggul dalam laga ini. Ighalo benar-benar menjadi mimpi buruk dalam laga ini untuk Kamerun, setelah sebelumnya mencetak dua gol, kali ini umpan manjanya berhasil dituntaskan oleh Alex Iwobi menjadi gol.

Kamerun berusaha mencari gol penyama di sisa waktu, tetapi rapatnya pertahanan Nigeria membuat anak asuh Clarence Seedorf tersebut gagal mencetak gol penyama. Hingga 90 menit jalannya laga usai, skor 3-2 untuk keunggulan Nigeria tidak berubah.

Hasil ini membuat Nigeria berhasil lolos ke babak perempat final Piala Afrika 2019. Di babak tersebut Nigeria akan menantang pemenang laga antara tuan rumah Mesir menghadapi Afrika Selatan. (faq)

Penulis : Faiq Azmi
Editor : Riadi


Bagikan artikel ini