Rhoma Irama tetap manggung di acara sunatan anak keluarga Abah Surya Atmaja di Kampung Cisalah, Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Minggu 28 Juni 2020. (Foto: Twitter/Instagram)

Ingkar Janji, Rhoma Irama Tetap Manggung di Acara Sunatan

Gosip Artis 29 June 2020 17:40 WIB

Raja dangdut Rhoma Irama dan Soneta dilarang menggelar konser di Kabupaten Bogor di tengah situasi pandemi corona (Covid-19). Aparat keamanan setempat tidak mengeluarkan izin.

Namun, Rhoma Irama tetap tampil di acara sunatan anak keluarga Abah Surya Atmaja di Kampung Cisalah, Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Minggu 28 Juni 2020.

Rhoma Irama mengaku mendapat kabar dari pihak tuan rumah terkait penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang mulai dilonggarkan di kawasan Bogor. Hal itu kemudian menjadi patokan Raja Dangdut itu untuk hadir.

"Kita sepakati tidak ada Soneta. Tuan rumah menyatakan kepada saya bahwa sudah ada pelonggaran (PSBB) dari Kapolri dan Gubernur Jawa Barat maka tetap melaksanakan hajatan itu," terang Rhoma Irama kepada awak media, Senin 29 Juni 2020.

Rhoma Irama mengaku datang sendiri ke acara hajatan. Dia tidak membawa bandnya. Ketika sampai di lokasi acara, Rhoma Irama mengaku diminta untuk menyumbangkan lagu dan tausiyah.

"Cuma saya bilang, Soneta tidak bisa tampil, belum betul-betul PSBB murni gitu. 'Kalau gitu bang Haji kondangan aja deh'. Saya pun kondangan, jadi sampai di sana saya lihat orang banyak dan beberapa artis ibu kota tampil, ada musiknya," tutur ayah Ridho Rhoma.

"Maka tuan rumah minta, kan khitanan tuh, berikan tausyiah. Maka saya sampaikan tausiyah singkat. Setelah itu, semua itu minta nyanyi. Saya pun nyanyi itu aja sih," jelasnya.

Rhoma Irama juga mengaku, selama kedatangannya dikawal oleh aparat hukum. Dia dikawal ke mana pun sampai pentasnya selesai.

"Dan saya selama di sana di dampingi oleh aparat, selama di lokasi didampingi aparat maupun di ruang tunggu, ruang tamu sampai dikawal pentas," tutur dia.

Ditegaskan Rhoma Irama, dia dan pihak tuan rumah pelaksana acara memang teman dekat. Karena permintaan tuan rumah dan masyarakat di lokasi membuatnya tampil dan juga tausiyah singkat. “Hanya dua atau tiga lalu, dan tausiyah singkat saja,” tegasnya.

Selain Rhoma Irama, ada juga pedangdut senior Rita Sugiarto di lokasi acara. Sayangnya, pihak keluarga yang menggelar hajatan serta para penonton yang memadati area panggung konser tak menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Dikutip dari beberapa foto yang viral di media sosial, sebagian besar dari mereka tampak tidak mengenakan masker.

Seperti diberitakan Ngopibareng.id sebelumnya, Rhoma Irama dijadwalkan naik panggung di acara sunatan putra dari Abah Surya Atmaja di Kampung Cisalah, Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Minggu 28 Juni 2020.

Namun, pihak kecamatan setempat tidak pernah memberikan izin konser Rhoma Irama di wilayahnya. Karena, ada aturan berdasarkan Perbup Nomor 35 tahun 2020 tentang PSBB Proporsional dan Keputusan Bupati Nomor 443/293/Kpts./Per-UU/2020 tentang pemberlakuan PSBB sebagai persiapan pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Untuk Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Kabupaten Bogor.

Dalam aturan tersebut disebutkan 'kegiatan konser tidak diizinkan dan perayaan khitanan diizinkan dengan hanya dihadiri oleh kalangan terbatas yaitu keluarga'.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

20 Sep 2020 23:45 WIB

Vinales Lepas dari Kutukan Pole Position

MotoGP

Vinales meraih pole position dan finis pertama.

20 Sep 2020 23:30 WIB

Bupati Aceh Barat Positif Covid-19, Istri dan Anaknya Negatif

Nasional

Hasil tes swab Bupati Aceh Barat positif Covid-19.

20 Sep 2020 23:15 WIB

Aubameyang Pemain Bergaji Termahal di Liga Inggris

Liga Inggris

Gaji Aubameyang termahal dibanding pemain di Liga Inggris lainnya.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...