Rilis kasus begal kendaraan di Mapolres Malang (Foto: istimewa)

Ngaku Aremania, Delapan Begal Rampok Mobil Pelat L

Kriminalitas 14 August 2020 20:50 WIB

Polres Malang menangkap delapan begal yang mengaku sebagai Aremania. Diketahui sekelompok orang tersebut merampok pengendara Toyota Yaris dengan pelat L pada 7 Agustus 2020, lalu.

Di dalam mobil tersebut berisi dua orang yang berencana untuk berlibur ke Kota Batu, Jawa Timur. Namun, ketika melewati perempatan Karangploso, Kabupaten Malang sekitar pukul 23.45 WIB, datang 30 orang begal dengan mengendarai sepuluh sepeda motor dan satu mobil pick up grand max.

"Jadi kurang lebih waktu itu ada 30 orang (ditangkap 8 orang) lebih pelaku. Dan mobil korban langsung diberhentikan mereka memeriksa identitas korban dengan mengecek kartu identitasnya," ungkap Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar pada Jumat 14 Agustus 2020.

Setelah mengetahui identitas korban dari Surabaya, para pelaku tersebut kemudian mengambil barang berharga milik korban, seperti surat-surat berharga, handphone sampai dompet. "Mobil korban juga dirusak dengan batu. Pelaku-pelaku ini mabuk posisinya jadi tak terkontrol," katanya.

Hendri mengatakan motif dari tersangka ini melakukan perampasan barang-barang berharga kepada korbannya karena akan digunakan untuk pesta minuman keras. "Ya ini dalihnya saja Aremania. Tapi Aremania tidak terpuji begini. Alasan utamanya ya (barang rampasan) ingin dibuat mabuk kembali. Orang semua pelaku ini pengangguran," tuturnya.

Hendri menerangkan, atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian sekitar Rp25 juta. Korban kemudian melaporkan kejadian tersebut kepada Polsek Singosari untuk kemudian dilakukan penangkapan oleh polisi.

Akibat perbuatannya, kedelapan begal tersebut dikenakan pasal 365 tentang pencurian dengan kekerasan juncto pasal 170 tentang pengeruskan barang milik orang lain dengan ancaman hukuman 6 sampai 9 tahun penjara.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

29 Sep 2020 22:00 WIB

Persentase Kesembuhan Jawa Timur Meningkat

Nasional

399 kabupaten/ kota mengalami kesembuhan antara 50 hingga 100 persen.

29 Sep 2020 21:45 WIB

Pandemi, 1.300 Siswa Banyuwangi dapat Bantuan dari SAS

Pendidikan

Bantuan berupa sejumlah penunjang belajar jarak jauh.

29 Sep 2020 21:30 WIB

Operasi Yustisi Jawa Timur, Satu Orang Dipenjara

Jawa Timur

19.385 masyarakat yang terjaring dalam operasi ini.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...