Negara Harus Dikendalikan Super Ketat, Ini Alasan Masdar Farid

28 Sep 2018 09:45 Khazanah

Negara merupakan hal yang besar karena menyangkut hajat hidup banyak orang dan kepentingan besar. Sehingga, negara perlu ada dalam kendali yang kuat secara moral.

"Negara harus dikendalikan oleh moral yang super kuat," kata Rais Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Masdar Farid Mas’udi.
Masdar Farid mengungkapkan hal itu, saat mengisi peluncuran dan diskusi buku Islam, Pancasila, dan Deradikalisasi karya Syaiful Arif di Universitas Paramadina, Jalan Gatot Subroto, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Kalau tidak demikian, jelasnya, negara bakal menjadi makhluk yang paling bengis, paling rusak, dan paling jahat di muka bumi. Sebaliknya, jika pemimpin negara itu adil, ialah yang paling dekat dengan Tuhan.

"Kalau ada pemimpin negara yang adil, dia akan menjadi orang nomor satu yang terdekat dengan Tuhan," kata Kiai Masdar Farid.

"Kalau ada pemimpin negara yang adil, dia akan menjadi orang nomor satu yang terdekat dengan Tuhan," ujar kiai asal Banyumas, Jawa Tengah itu.

Oleh karena itu, Kiai Masdar menekankan dengan tegas, bahwa pejabat negara di semua tingkatan harus menjaga moralitasnya. "Pejabat harus menjadi penjaga moralitas negara," katanya.

Untuk menjaga moralitas itu agar tetap terjaga, agama juga harus hadir membicarakan negara. Hal ini mengingat negara memiliki kekuatan yang cukup besar.

"Agama mesti bicara soal negara kalau peduli kemanusiaan, karena negara adalah kekuatan raksasa yang bisa mensejahterakan secara luar biasa dan bisa mencelakakan secara luar biasa," pungkasnya.

Selain menghadirkan Kiai Masdar, diskusi ini juga mendatangkan Hendri Satrio, pengamat politik Universitas Paramadina. (adi)

Penulis : Riadi


Bagikan artikel ini