Messi Kartu Merah, Argentina Tetap Kalahkan Chile

07 Jul 2019 06:14 Dunia

Argentina mengakhiri kiprahnya di Piala Amerika 2019 sebagai juara ketiga turnamen usai mengalahkan Chili 2-1. Kemenangan Argentina diwarnai oleh kartu merah sang mega bintang Lionel Messi.

Argentina yang memasang trio penyerang Sergio Aguero, Paolo Dybala dan Messi mengejar kemenangan demi menyelamatkan muka mereka di gelaran empat tahunan tersebut. Sementara juara bertahan Chile menurunkan skuat terbaiknya dalam laga ini.

Baru 12 menit laga berjalan, Argentina berhasil mencetak gol melalui Aguero. Kecerdikan Messi memberi umpan terobosan kepada Aguero, membuat pemain Manchester City tanpa kesluitan menaklukan penjaga gawang Chile, Gabriel Arias. 1-0 Argentina unggul.

Berselang 10 menit, Dybala berhasil mencetak gol pertamanya di Piala Amerika usai aksi individunya melewati dua bek Chile. 2-0 Argentina menjauh.

Drama terjadi di menit ke-37 saat terjadi ketegangan antara Messi dengan bek Chile Gary Medel. Messi dan Medel yang saling mendorong akhirnya mendapat kartu merah langsung dari wasit Mario Diaz asal Paraguay.

Tak lama pertandingan dilanjutkan kembali dengan Argentina dan Chile sama-sama bermain dengan 10 pemain. Hingga turun minum skor 2-0 untuk keunggulan Argentina tidak berubah.

Di babak kedua, kedua tim tampil lebih terbuka, Chile yang mengejar defisit dua gol di babak pertama kerap kali mengancam gawang Argentina yang dikawal oleh Franco Armani.

Chile akhirnya menipiskan ketertinggalan menjadi 1-2 di menit ke-59. Pelanggaran pemain Argentina Giovani Lo Celso terhadap Charles Aranguiz di kotak terlarang berbuah pinalti kepada Chile. Arturo Vidal yang maju sebagai penendang tidak menyia-nyiakan peluang tersebut.

Chile terus berupaya mencetak gol penyama, namun solidnya pertahanan Argentina membuat Alexis Sanchez dkk gagal mencetak gol penyama hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya laga.

Hasil ini membuat Argentina meraih juara ketiga turnamen. Prestasi ini turun dibanding gelaran Piala Amerika sebelumnya. Dalam edisi Piala Amerika 2015 dan Piala Amerika Centenario 2016, Lionel Messi cs menjadi runner-up turnamen.

Sementara bagi Chile, hasil ini menjadi penurunan buat mereka setelah menjadi juara Piala Amerika 2015 dan 2016. Sebelumnya Chile juga gagal melangkah ke Putaran final Piala Dunia di Russia tahun lalu. (faq)

Penulis : Faiq Azmi
Editor : Riadi


Bagikan artikel ini