Masjid Al Akbar Surabaya Akan Gelar Salat Gaib Untuk Habibie

11 Sep 2019 22:12 Nasional

Masjid Nasional Al Akbar Surabaya akan menggelar salat gaib untuk mendiang Prof. Dr. Ing H Bacharuddin Jusuf Habibie. Rencananya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa akan menghadiri salat gaib untuk mantan Presiden ke-3 RI tersebut.

Humas Masjdi Al Akbar, Helmy M Noor mengatakan, salat gaib akan diselenggarakan pada  Kamis 12 September 2019 pukul 04.15 WIB atau setelah salat subuh. 

"Bertindak sebagai imam adalah KH Abdul Hamid Abdullah, Imam Besar Masjid Nasional Al Akbar Surabaya," ucap Humas Masjid Al Akbar Surabaya, Helmy M Noor, Rabu 11 September 2019 malam.

Tak lupa Helmy juga mengajak masyarakat di Surabaya dan sekitar untuk mengikuti salat gaib ini. “Saya mengajak masyarakat Surabaya dan sekitar untuk mengikuti salat gaib ini,” ujarnya.

Helmy juga memastikan bahwa Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa juga dijadwalkan mengikuti salat gaib ini.

Sementara Khofifah sebelumnya mengatakan, dirinya akan hadir dalam salat gaib tersebut. Setelah salat gaib, ia rencananya akan menghadiri prosesi pemakamam Habibie di Jakarta.

"Insya Allah saya hadir. Besok subuh terbang ke Jakarta setelah mengikuti salat gaib di Masjid Al Akbar, Surabaya. Saya juga mengajak masyarakat ikut mendoakan beliau dan bagi yang beragama Islam melaksanakan salat gaib," katanya.

Tidak hanya itu, Khofifah juga mengajak warga Jawa Timur untuk mengibarkan bendera setengah tiang. Sebagai tanda duka atas meninggalnya pemimpin negara.

"Sesuai Undang-Undang nomor 24 tahun 2009 kami menginstruksikan kepada seluruh instansi pemerintah, swasta, dan masyarakat untuk mengibarkan bendera setengah tiang selama tiga hari berturut-turut mulai besok," pungkas Khofifah.

Penulis : Faiq Azmi
Editor : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini