Maria menunjukkan hasil inovasi buatannya. Foto: Humas

Mahasiswa UKWMS Jadikan Umbi Bit Merah Jadi Skincare

Teknologi dan Inovasi 02 October 2018 17:04 WIB

Umbi bit merah seringkali dicari dan dikonsumsi masyarakat. Buah yang memiliki nama lain Beta vulgaris ini memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat baik bagi tubuh.

Selain itu, umbi bit merah memiliki manfaat lain sebagai pewarna dalam kosmetik tata rias. Namun, di Indonesia belum ada produk kosmetik perawatan kulit (skincare) yang terbuat dari umbi bit merah.

Padahal umbi bit merah memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi produk skincare yang bermanfaat dan memiliki daya jual yang tinggi. Hal ini pun dimanfaatkan mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (FF UKWMS), Maria Gracela untuk membuat gel tabir surya (sunscreen) berbahan dasar umbi bit merah yang diberi nama BeetaBeauty.

"Menurut penelitian umbi bit merah mengandung senyawa betalain yang cukup tinggi yaitu sekitar 127,7 mg per 100 g umbi bit merah. Senyawa ini berfungsi sebagai penangkal radikal bebas salah satunya adalah paparan sinar UV berlebihan yang dapat membahayakan kulit," jelas Maria saat ditemui di kampus UKWMS Pakuwon City Surabaya, Selasa, 2 Oktober 2018.

Produk sunscreen buatan Maria yang beradal dari umbi bit merah Foto HumasProduk sunscreen buatan Maria yang beradal dari umbi bit merah. Foto: Humas

Bahan baku dari produk ini yaitu ekstrak umbi bit merah yang telah distandarisasi untuk menjamin mutunya. Untuk satu produk sunscreen dibutuhkan kurang lebih 350 gram (2-4 umbi bit merah).

Formula yang digunakan pada penelitian ini mengacu pada penelitian sebelumnya yang berbasis  gel. "Basis gel dipilih karena memiliki karakteristik memberikan efek dingin setelah digunakan dan mudah dioleskan serta mudah diserap khasiatnya oleh kulit," ucap Maria. 

Pembuatan produk ini diawali dengan pembuatan ekstrak kental dari umbi bit merah. Setelah itu, ekstrak ditambahkan bahan-bahan tambahan seperti gelling agent, humektan, water-resistant agent, dan pengawet.

Setelah melalui uji pH, Viskositas, homogenitas, daya sebar, daya lekat dan iritasi, BeetaBeauty memenuhi standar aman untuk digunakan langsung pada kulit. Produk yang teruji dalam skala laboratorium ini telah diujikan kepada puluhan panelis, salah seorang dari mereka bernama Flaviana.

"Gelnya tidak lengket, terasa sejuk dan juga tidak meninggalkan warna merah di kulit," ujar Flaviana. (amm)

Penulis : Amanah Nur Asiah

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

05 Apr 2020 04:09 WIB

Tiga Tim Raksasa Inggris Rebutan Willian

Liga Inggris

Willian memiliki kedekatan dengan Jose Mourinho

05 Apr 2020 03:34 WIB

AJI Protes Rencana Bantuan Non Tunai untuk Wartawan Malang

Jawa Timur

Pemberian bantuan berpotensi melanggar kode etik.

05 Apr 2020 02:20 WIB

Belum Ada Jamu Anti Corona, Kata Dosen ITS

Surabaya

Jamu berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.