Lontong balap Pak Gendut. (Instagram Lontong Balap Pak Gendut)
Lontong balap Pak Gendut. (Instagram Lontong Balap Pak Gendut)

Lima Kedai Lontong Balap Enak dan Legendaris di Surabaya

Ngopibareng.id Legenda Tenan 29 August 2020 10:18 WIB

Lontong jadi salah satu topik yang sedang trending di Twitter. Warganet banyak membicarakan aneka makanan yang menggunakan lontong, dalam topik tersebut. Salah satu yang turut dibicarakan adalah menu lontong balap khas Surabaya.

Hidangan khas di Surabaya ini populer lantaran rasanya yang gurih khas kuah kaldu dan irisan lenthonya. Plus lauk sate kerang membuat lezatnya lontong balap semakin paripurna.

Mencari lontong balap di Surabaya sangat mudah dan rasanya juga merata lezatnya. Di antaranya, ada beberapa tempat yang lebih dikenal karena berusia puluhan tahun. Berikut tempat makan lontong balap enak dan legendaris di Surabaya.

Lontong Balap Pak Gendut

Lontong balap Pak Gendut banyak dikenal karena konsisten berjualan menu khas ini. Pak Gendut yang sempat memiliki sejumlah cabang, mulai dikenal warga Surabaya sejak tahun 1958.

Seperti penjual lainnya, Lontong balap Pak Gendut awalnya dijual dengan dipikul dan berjualan keliling. Kini lontong balap Pak Gendut bisa ditemui di antaranya di Jalan Pro.Dr moestopo, Jalan Embong Malang Nomor 38, Klampis Ngasem, dan di Jalan Kandangan.

Seporsi lontong balap Pak Gendut berisi irisan lontong, lentho, kecambah setengah matang, kecap, kuah segar, dan bawang goreng. Bagi penyuka sate kerang, Pak Gendut juga menyediakannya terpisah.

Lontong Balap Cak No

Kedai Cak No juga tergolong legendaris. Kedai ini terletak di Jalan Bromo nomor 7 Kecamatan Sawahan Surabaya, tepat di sebelah SPBU Arjuno.

Seporsi Lontong Balap Cak No cukup dikenal bagi penyuka porsi jumbo. Satu piring lontong kuah berkaldu udang dan irisan lenthonya serta taucinya, dijamin mengenyangkan perut yang sedang keroncongan.

Lontong Balap Rajawali

Lontong balap rajawali ada di Jalan Krembangan Timur, dekat dengan SPBU Rajawali. Lontong ini diketahui sudah berjualan sejak tahun 1958. Selain di sini, lontong balap rajawali juga bisa dijumpai di Jalan Ketintang Madya, Surabaya.

Sepiring lontong balap rajawali berisi potongan tahu goreng, tauge, sambal petis, lentho, dan saos kacang. Tak ketinggalan pula sate kerang dengan satu porsinya berisi 10 tusuk.

Lontong balap Rajawali Instagram lontong balap rajawaliLontong balap Rajawali. (Instagram lontong balap rajawali)

Lontong Balap Mbah Ato (Patua)

Lontong balap Mbah Ato berada di Jalan Patua, Surabaya. Tepatnya di depan SMKN 2 Surabaya.

Lontong balap Mbah Ato dikenal banyak jadi jujugan karyawan yang pulang kerja di malam hari. Sepiring lontong balap Mbah Ato berisi lontong, irisan lonthem tauge dan kuah berkaldu gurih. Kedai ini juga menyajikan sejumlah menu minuman hangat sebagai pelengkapnya.

Lontong Balap Pak Dul

Lontong balap Pak Dul berada di Vila Bukit Mas Surabaya. Tepatnya di depan JK Lensa. Lontong balap Pak Dul populer lantaran menggunakan kecambah segar dalam sepiring lontongnya. Disediakan pula lentho dan sate kerang yang bisa dipesan terpisah.

Kedai ini juga menyediakan menu es degan. Minuman dari kelapa muda ini cocok diminum usai menyantap sate kerang gurih ala lontong balap Pak Dul.

Selain lima kedai itu, Surabaya bertabur tempat yang menyediakan lontong balap enak dengan harga terjangkau. Jika memilih makan di tempat, pastikan mencucui tangan, dan tetap menerapkan protokol kesehatan ya.    

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

16 Jan 2021 09:36 WIB

Longsor Sumedang, 25 Orang Meninggal dan 15 Hilang

Nasional

Longsor di Sumedang terjadi pada Sabtu, 9 Januari 2021.

16 Jan 2021 09:20 WIB

Kartika Putri Bakal Dipolisikan Youtuber, Ini Masalahnya

Selebriti

Dokter Richard Lee merasa dipermainkan Kartika Putri.

16 Jan 2021 09:08 WIB

Wajib, Jamaah Divaksin Covid-19 Sebelum Haji dan Umrah

Khazanah

Diberlakukan Pemerintah Arab Saudi bagi tamu di Masjidil Haram

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...