Launching HUT Jatim ke-73, Pakde Dorong Digitalisasi UMKM

08 Oct 2018 16:33 Jawa Timur

Launching Hari Jadi ke-73 Provinsi Jawa Timur, Gubernur Jawa Timur Soekarwo (Pakdw Karwo)  mengatakan bahwa dalam era kemajuan teknologi saat ini, Pemprov Jatim terus mendorong pengembangan ekonomi digital tidak hanya di sektor pemasaran tapi juga di proses produksi.

Hal ini, kata Pakde sesuai dengan tema Hari Jadi ke-73 Provinsi Jatim yakni “Makmurkan Jawa Timur Melalui Industri UMKM Berbasis Digital”.

“Kami sudah punya aplikasi yang mempertemukan penjual dan pembeli, rencananya besok di-launching oleh Menteri Perdagangan saat pembukaan Jatim Fair 2018,” katanya, saat launching Hari Jadi ke-73 Jatim, di Halaman Kantor Gubernur Jatim, Jalan Pahlawan 110 Surabaya, Senin, 8 Oktober 2018, pagi.

Selain itu, kata Pakde Pemprov Jatim juga telah bekerjasama dengan beberapa start up digital, seperti bukalapak, tokopedia dan juga media online seperti detik.com, untuk memasarkan berbagai produk UMKM di  Jatim.

“Saat ini ada 1.294 IKM yang siap ekspor dan masuk pasar internasional. Saya usul ada kursus digital kalau kita mendahului kita akan dapat nilai tambah,” katanya.

Ke depan, lanjut Pakde, sistem digital ini akan terus dikembangkan terutama di sektor industri agro atau pertanian sehingga para petani akan mendapakan nilai tambah dari produknya.

“Jangan sampai petani dapat kecil, perusahaan yang dapat besar. Ini proses jangka panjang terhadap nilai tambah pertanian,” katanya.

Dalam kesempatan ini, Pakde Karwo juga menyampaikan terima kasih karena kemajuan dan kesejahteraan yang ditandai dengan berbagai penghargaan yang diraih Provinsi Jawa Timur, merupakan agregat dan kerja keras semua pihak mulai Bupati/Walikota, OPD dan seluruh ASN yang ada di lingkungan Pemprov Jatim.

“Perayaan ulang tahun ini kita rayakan bersama, karena Jatim adalah milik kita bersama, sekaligus ini momentum tepat untuk introspeksi dan melihat Jatim ke depan seperti apa,” katanya.

Peringatan Hari Jadi ke-73 Provinsi Jatim ini diisi dengan berbagai rangkaian acara. Diantaranya Jatim Fair 2018, Tasyakuran dan Pemberian Santunan Anak Yatim, Lomba Burung Berkicau Nasional Pakde Karwo Cup, Festival Sapi Sono dan Istighosah Akbar. (frd)

Penulis : Farid Rahman
Editor : Moch. Amir


Bagikan artikel ini