Fatma Saifullah Yusuf mendatangi sentra produksi kerupuk di Sidoarjo. Daerah yang dituju adalah Desa Janti dan Desa Telasih, Kecamatan Tulangan, serta Desa Rejeni di Kecamatan Krembung, Senin, 2 April 2018. (Foto: Istimewa)
Fatma Saifullah Yusuf mendatangi sentra produksi kerupuk di Sidoarjo. Daerah yang dituju adalah Desa Janti dan Desa Telasih, Kecamatan Tulangan, serta Desa Rejeni di Kecamatan Krembung, Senin, 2 April 2018. (Foto: Istimewa)

Kunjungi Sentra Kerupuk, Fatma Saifullah Yusuf Ingin UMKM Makmur dan Sejahtera

Ngopibareng.id Ekonomi dan Bisnis 03 April 2018 01:06 WIB

Kabupaten Sidoarjo selama ini terkenal dengan produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang telah menasional. Salah satunya adalah pusat home industri pengolahan kerupuk yang memproduksi berbagai jenis kerupuk.

Ingin melihat langsung produksi pengolahan kerupuk, istri Calon Gubernur Jatim nomor urut 2 Saifullah Yusuf (Gus Ipul), yakni Fatma Saifullah Yusuf mendatangi sentra produksi kerupuk di Sidoarjo. Daerah yang dituju adalah Desa Janti dan Desa Telasih, Kecamatan Tulangan, serta Desa Rejeni di Kecamatan Krembung.

"Kerupuk adalah makanan rakyat Indonesia. Semua lapisan masyarakat pasti suka makan kerupuk. Bahkan ada yang menyebut kurang lengkap saat makan tanpa ada kerupuk. Mengkonsumsi kerupuk sudah menjadi pelengkap dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, bahkan saya sendiri juga penggemar kerupuk, hampir setiap hari makan kerupuk," kata Fatma, Senin, 2 April 2018.

Saat meninjau sentra kerupuk itu, kata Fatma, dirinya melihat bagaimana cara membuat kerupuk secara detail. Mulai dari bahan mentahnya yaitu dari adonan tepung, dicetak, di oven, lalu dipacking kemudian siap dikirim ke konsumen.

 

Fatma Saifullah Yusuf mendatangi sentra produksi kerupuk di Sidoarjo Daerah yang dituju adalah Desa Janti dan Desa Telasih Kecamatan Tulangan serta Desa Rejeni di Kecamatan Krembung Senin 2 April 2018 Foto IstimewaFatma Saifullah Yusuf mendatangi sentra produksi kerupuk di Sidoarjo. Daerah yang dituju adalah Desa Janti dan Desa Telasih, Kecamatan Tulangan, serta Desa Rejeni di Kecamatan Krembung, Senin, 2 April 2018. (Foto: Istimewa)

"Kerupuknya bermacam-macam warna dan rasa. Ada rasa bawang, udang, krupuk kluntung dan lain-lain. Dalam satu hari, mereka bisa menghasilkan satu sampai dua ton kerupuk, dan dikirim ke berbagai daerah di Jatim dan luar Jatim," katanya.

Fatma mengatakan, untuk meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM seperti produsen kerupuk ini, pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno atau Gus Ipul-Puti memiliki program khusus. Yakni 'Superstar' yang artinya Sentra UMKM, Pemberdayaan Industri Kreatif dan Startup.

 

"Ada empat syarat yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas UMKM. Yakni riset, pasar, permodalan, teknologi dan kualitas SDM. Gus Ipul dan Mbak Puti menegaskan bahwa pelaku UMKM itu harus makmur dan sejahtera. Sebab UMKM telah sukses menyumbang PDRB Jatim mencapai Rp 1.100 triliun," tandasnya. (frd/wah)

Penulis : Farid Rahman

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

27 Nov 2020 10:22 WIB

Trump Bersedia Tinggalkan Gedung Putih, Asal...

Internasional

Donald Trump bersedia tinggalkan Gedung Putih dengan satu syarat.

26 Nov 2020 23:00 WIB

Artis Inisial ST, Bintang Sinetron Bawang Putih Berkulit Merah?

Gosip Artis

Kasus prostitusi diduga melibatkan artis dan selebgram diungkap polisi.

26 Nov 2020 08:03 WIB

Kampanye Virtual ala Gus Ipul, Tetap Semangat dan Ceria

Pilkada

Calon walikota Pasuruan Saifullah Yusuf menggelar kampanye virtual.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...