Korea Selatan mengumumkan darurat virus corona (Foto:The Guardian)

Korea Selatan Darurat Virus Corona

Internasional 21 February 2020 13:25 WIB

Perdana Menteri Chung Sye-kyun mengatakan negaranya berada dalam situasi darurat memerangi wabah virus corona. Kota Daegu dan Cheongdo disebutkan berstatus “zona penanganan spesial”. Koarea juga memblokir ruang gerak anggota militernya setelah dua anggotanya terjangkit virus. Total terdapat 156 kasus virus corona, dengan 52 kasus baru dilaporkan pada Jumat, 21 Februari 2020.

Dari 52 kasus yang dilaporkan pada Jumat, 41 kasus muncul di Daegu, kota yang berjarak sekitar 300 kilometer tenggara Seoul, dan 39 kasus di antaranya berasal dari komunitas keagamaan dari berbagai cluster.

Pemerintah menyebut jika kasus kematian pertama berasal dari  Cheongdo, pada Kamis. Pasien laki-laki itu adalah penghuni fasilitas rumah sakit jiwa setempat. 14 pasien lain di fasilitas itu juga disebut positif terjangkit virus corona.

Kini Korsel melakukan sejumlah upaya pencegahan, yaitu menerapkan Daegu dan Cheongdo sebagai zona perlakukan khusus.

“Penting untuk menemukan orang-orang yang telah berkontak dengan pasien yang terpapar corona,” kata Perdana Menteri Chung.

Menurutnya pemerintah telah menyiapkan peralatan seperti tempat tidur, peralatan medis, dan pekerja kesehatan serta memperingatkan jika virus kini tersebar di tingkat local.

“Pemerintah selama ini fokus mencegah masuknya virus dari luar. Sekarang pemerintah akan meningkatkan pencegahan virus di dalam negeri,” katanya.

Menteri Kesehatan Park Neung-hoo mengatakan bahwa rumah sakit diperbolehkan mengisolasi pasien gangguan pernapasan untuk mencegah penyebaran di lingkungan rumah sakit.

Ia juga mengatakan jika seluruh pasien dengan gangguan pernapasan akan diperiksa.

Menteri pertahanan setempat juga memerintahkan karantina bagi seluruh personel dan pembatalan berbagai aktivitas di luar barak, setelah beberapa anggota militer positef terjangkit virus, diterjemahkan dari BBC.

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

05 Apr 2020 02:20 WIB

Belum Ada Jamu Anti Corona, Kata Dosen ITS

Surabaya

Jamu berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

05 Apr 2020 01:45 WIB

Pulang dari Amerika, NCT 127 Tak Jalani Isolasi

ngopiK-pop

NCT 127 tak isolasi diri meski wabah corona di Amerika semakin parah.

05 Apr 2020 01:30 WIB

Tes Corona Juyeon 'The Boyz' Hasilnya Negatif

ngopiK-pop

Staf positif corona, Juyen ‘The Boysz’ harus menjalani pemeriksaan medis.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.