Media Officer Arema FC, Sudarmaji saat memberikan keterangan pers terkait pembatalan kompetisi melalui video conference. (Foto: Istimewa)
Media Officer Arema FC, Sudarmaji saat memberikan keterangan pers terkait pembatalan kompetisi melalui video conference. (Foto: Istimewa)

Kompetisi Liga 1 Dibatalkan, Arema FC Tunggu Surat Resmi PSSI

Ngopibareng.id Liga Indonesia 21 January 2021 14:32 WIB

Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) resmi membatalkan lanjutan kompetisi Liga 1 musim 2020/2021. Keputusan tersebut diambil setelah melakukan rapat excecutive commite (Exco) beberapa hari lalu.

Menanggapi hal tersebut, klub Arema FC masih menunggu surat resmi dari PSSI terkait dibatalkannya lanjutan kompetisi Liga 1 musim 2020/2021. Surat resmi itu dibutuhkan oleh Arema sebagai pegangan tim.

"Sebagai tim yang menjadi anggota federasi, kami patuh terhadap keputusan PSSI. Namun kami meminta ada surat yang ditujukan kepada klub yang bisa dijadikan pegangan untuk berkomunikasi kepada tim, pemain, pelatih dan ofisial," ujar Media Officer Arema FC, Sudarmaji pada Kamis, 21 Januari 2021.

Surat resmi dari PSSI terkait pembatalan lanjutan kompetisi Liga 1 musim 2020/2021, kata Sudarmaji, dibutuhkan Arema FC sebagai legal standing klub kepada pihak-pihak terkait.

"Surat itu perlu dibackup oleh federasi agar kami bisa melakukan komunikasi dengan pihak sponsorship yang selama ini telah mengikat kerja sama dalam mengarungi kompetisi 2020," katanya.

Adanya surat resmi dari PSSI yang ditujukan kepada Arema, lanjut Sudarmaji, juga berfungsi untuk melindungi klub jika nanti ada gugatan dari pihak terkait.

"Itu juga berfungsi sebagai proteksi terhadap klub. Ini kemudian penting sebagai dampak dari keputusan federasi," ujarnya.

Meski Liga 1 musim 2020/2021 ini dibatalkan oleh PSSI, Sudarmaji berharap federasi bisa segera mengambil keputusan lanjutan berkaitan dengan aktivitas kompetisi sepak bola pada musim depan.

"Karena itu semoga ada keputusan lanjutan. Sekali lagi problemnya kemarin itu adalah izin dari pihak kepolisian," katanya.

Maka dari itu, Sudarmaji meminta agar PSSI bersama dengan operator liga (PT LIB) untuk bisa segera berkomunikasi dengan jajaran kepolisian terkait pengurusan izin keramaian dan keamanan.

"Tentunya ini harapan baru dengan ditunjuknya Kapolri baru. Harapannya sepak bola kembali digelar dengan regulasi yang mengikat kepada klub itu sendiri," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, PSSI resmi memutuskan kompetisi Liga 1 2020 dan Liga 2 2020 dihentikan. Keputusan diambil dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) dipimpin Ketum PSSI Mochamad Iriawan pada Rabu 20 Januari 2021.

Ada empat keputusan yang diambil PSSI dalam rapat itu. Salah satunya yaitu musim kompetisi 2020/2021 dibatalkan karena kondisi force majeure terkait dengan pandemi Covid-19.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

28 Feb 2021 14:21 WIB

Sinopsis Cold Eyes: Misteri Organisasi Perampokan

Film

Film Cold Eyes akan tayang di program K-Movievaganza Trans 7.

28 Feb 2021 14:05 WIB

Ganjar Gowes sambil Pantau Penanganan Banjir di Semarang

Nusantara

Sejumlah titik-titik banjir di Semarang mulai surut.

28 Feb 2021 13:51 WIB

BNN: Jika Tak Punya Resep Dokter Millendaru bisa Dijerat Pidana

Nasional

Millendaru kembali berurusan dengan narkoba. Kali ini ia positif benzo.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...