Kenangan Kobe Bryant saat memperkuat LA Lakers. (Foto: Dok. LA Lakers)

Kobe Bryant Wafat, Nomor 24 Dipensiunkan

Basket 28 January 2020 20:12 WIB

Kabar meninggalnya Kobe Bryant langsung membuat segenap keluarga besar NBA berduka. Kepergian Kobe Bryant benar-benar mengejutkan dunia bola basket. Dari mulai rekan setim hingga rival di lapangan, memberikan penghormatan bagi mendiang.

Jasa besarnya untuk kompetisi bola basket NBA menjadi warisan terakhir sejak pensiun pada 2016.

Sebagaimana diketahui, Kobe Bryant meninggal dunia dalam kecelakaan helikopter di wilayah pinggiran Los Angeles, Calabasas, California, Amerika Serikat, Minggu 26 Januari 2020 pagi waktu setempat.

Pria berusia 41 tahun itu wafat bersama putri tercintanya yang juga jago basket, Gianna Bryant, yang turut menjadi korban kecelakaan.

Demi mengenang jasa besar Kobe Bryant, Dallas Mavericks memutuskan untuk mempensiunkan nomor 24 yang identik dengan Kobe Bryant.

“Kami terkejut dan sedih mendengar kabar meninggalnya Kobe Bryant dan putrinya Gianna. Kobe Bryant adalah seorang duta besar untuk bola basket, legenda, dan ikon dunia. Di atas itu semua, dia adalah seorang ayah yang penuh cinta dan dedikasi,” bunyi pernyataan Pemilik Dallas Mavericks, Mark Cuban, dikutip dari situs resmi NBA, Selasa 28 Januari 2020.

"Warisan Kobe Bryant mengubah olahraga basket dan karena itu, kami memutuskan nomor 24 tidak lagi dipakai oleh seorang pemain Dallas Mavericks. Kami mengirimkan doa kepada keluarga yang ditinggalkan, LA Lakers, dan juga penggemar yang sedang bersedih," tutur Mark Cuban.

Kobe Bryant memang hanya membela satu klub sepanjang 20 tahun karirnya di dunia basket, yakni Los Angeles Lakers pada 1996-2016. Selama 20 tahun itu Kobe Bryant habiskan bersama LA Lakers, klub yang identik dengan kostum warna kuning tersebut.

Dalam periode tersebut, Kobe Bryant menghadirkan lima trofi NBA kepada Lakers, tepatnya pada 2000, 2001, 2002, 2009 dan 2010. Berkat sumbangsih besar yang ditunjukkan Kobe Bryant, Lakers pun mempensiunkan dua nomor yang pernah digunakan pebasket yang dijuluki Black Mamba itu bersama kampiun 16 gelar NBA tersebut.

Kobe Bryant tercatat menggunakan dua nomor selama membela panji Lakers, yakni 8 dan 24. Nomor 8 digunakan Kobe Bryant dari 1996 hingga 2006. Kemudian, nomor punggung 24 dikenakan Kobe Bryant dari 2006 hingga memutuskan pensiun pada 2016.

LA Lakers sendiri sudah mempensiunkan nomor punggung 8 dan 24 pada Desember 2017, atau setahun setelah Kobe Bryant pensiun. Nomor punggung tersebut pun ditempatkan manajemen di sudut sebelah tenggara Staples Center, markas dari LA Lakers.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

13 Jul 2020 06:59 WIB

Napoli Vs AC Milan: Penalti Kessie Selamatkan Milan

Liga Italy

Napoli Vs AC Milan berbagi poin di San Paolo.

13 Jul 2020 06:49 WIB

Gus Kamil, Pewaris Jalan Politik Kiai Maimoen Zubair

Tokoh

Sebagai Ketua DPRD Rembang, tetap mengajar di Pesantren Al-Anwar

13 Jul 2020 06:46 WIB

Pejabat PBB: Putra Mahkota Saudi Tersangka Pembunuhan Khashoggi

Internasional

Putra Mahkota Saudi, Mohammed bin Salman disebut sebagai tersangka utama.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...