Pilwali Surabaya 2020Gerindra dan 6 Partai Koalisi Usung Machfud Arifin Lawan PDIP

14 Jan 2020 23:17 Pilkada

Ketua DPD Gerindra Jawa Timur, Soepriyatno mengatakan sudah ada enam partai yang bergabung bersama Gerindra dalam mengusung mantan Kapolda Jatim, Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin dalam Pilwali Surabaya 2020.

"Sudah ada sekitar enam partai yang komunikasi dengan kami (Gerindra)," kata Soepriyatno di Surabaya, Selasa 14 Januari 2020.

Soepriyatno mengaku, Gerindra akan siap menggalang koalisi besar pada Pilwali Surabaya yang akan dilaksanakan 23 September 2020. Namun, di dalam koalisi tersebut, kemungkinan besar, PDI Perjuangan tidak akan dilibatkan.

Terkait waktu deklarasi, rencana akan dilaksanakan pada akhir bulan Januari ini. "Sekitar akhir Januari kami akan deklarasi bersama. Semua partai sudah komunikasi dengan baik dan semua partai tertarik pada calon yang sama yaitu mendukung Pak Machfud," ujarnya.

Anggota DPR RI ini menjelaskan, sebelum nama Machfud mencuat, sebenarnya ke-6 partai tersebut sudah ada itikad untuk berkoalisi di Pilwali Surabaya.

"Nah, begitu beliau (Machfud) masuk, tambah banyak partai yang ingin bersama. Semua sudah klop dan tinggal deklarasi," katanya.

Ditanya partai mana saja, Soepriyatno masih merahasiakannya. Ia masih merahasiakannya, sembari menyebut, koalisinya kemungkinan besar tanpa PDI Perjuangan.

"Enam partai itu mana saja? Nanti kami sebutkan pada saat deklarasi. Yang pasti, PDI Perjuangan belum masuk," katanya.

Kata Soepriyatno, komunikasi lintas partai dengan Machfud begitu cair, karena Mantan Ketua TKD Jatim itu membuka komunikasi secara intens dan terbuka kepada semua parpol.

Penulis : Faiq Azmi
Editor : Witanto


Bagikan artikel ini