KH Said Aqil Siroj ketika berziarah di Makam Hasan Gipo di Surabaya. (Foto: nu/ngopibareng.id)

Kiai Said: Setiap Amanah Serahkan pada Ahlinya

Nasional 20 October 2019 01:19 WIB

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Said Aqil Siroj mengingatkan semua pihak untuk menyerahkan amanah kepada mereka yang sesuai keahliannya.

"Al-Quran memberi petunjuk bahwa orang yang mencapai kebenaran itu adalah orang yang berilmu. Artinya kebenaran harus berdasarkan ilmiah. Maka kebenaran di bidang teknik sipil, kesehatan dan lainnya harus proporsional," kata Kiai Said, dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Sabtu 19 Oktober 2019.

Kiai Said menyampaikan hal itu dalam rangkaian perjalanan silaturrahim dan ziarah rombongan PBNU dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional (HSN) ke-4 di beberapa tempat.

Silaturrahim diakhiri dengan khutbah Jumat Ketua Umum PBNU di Masjid Jami Sunan Ampel, Surabaya, Jumat 18 Oktober 2019.

Untuk mengerti agama, Kiai Said mengatakan seseorang harus paham Al-Quran, Hadits, Ijma dan Qiyas. 

"Begitu juga agama agar mengerti agama harus mengikuti para ulama yang ahli agama," kata Pengasuh Pesantren di Jakarta.

"Kalau kita mobilnya rusak ya kita serahkan pada bengkel mekanik, kalau sakit ya ke dokter, kalau kita ingin ngerti ekonomi ya panggil sarjana ekonomi. Jangan terbalik. Mau ngerti agama ke ahli mekanik, mau ngerti ekonomi ke dokter, bisa rusak itu," katanya.

Sementara itu, Ketua panitia perjalanan silaturahmi dan ziarah rombongan PBNU dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional (HSN) ke-4, KH Aizzudin Abdurrahman (Gus Aizz), mengatakan segala rangkaian acara berjalan lancar dan penuh khidmat.

"Syukur alhamdulillah mulai dari perjalanan hingga akhir acara ini berjalan selamat, lancar dan penuh hikmat. Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kelancaranya" kata Ketua PBNU Gus Aizz.

Ia mengatakan para ulama NU telah berjuang bukan hanya untuk NU tapi juga untuk bangsa dan negara. Semoga santri bisa mengambil hikmah dari perjalanan silaturrahim dan ziarah bahwa kita harus menghargai dan tidak boleh melupakan perjuangan mereka.

"Maka ziarahi dan doakan mereka," kata cucu Pendiri NU, KH Hasyim Asy'ari, tersebut. Selain di Jombang, rombongan Kiai Said Aqil Siroj juga berziarah ke Makam Presiden Pertama NU Hasan Gipo, Makam Pencipta Lambang NU KH Ridlwan Abdullah.

Peringatan Hari Santri 2019, dilakukan di setiap daerah di Indonesia. Masing-masing Cabang Nahdlatul Ulama menggelar acara, mulau dari kirab, jalan sehat, diskusi, hingga doa bersama dan istighotsah.

 

 

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

02 Aug 2020 01:30 WIB

Tim dengan Serangan Terbaik Lawan Pertahanan Terbaik

Liga Champions

Akankah City kembali menaklukkan Real Madrid?

01 Aug 2020 14:25 WIB

Pemiliknya Positif Covid-19, RS Bersalin di Probolinggo Ditutup

Jawa Timur

Lockdown RSIA Amanah Probolinggo berlangsung sedikitnya 14 hari.

31 Jul 2020 22:40 WIB

Real Madrid Bisa Raup 46 juta Euro Jika Juara Liga Champions

Liga Champions

Ini akan sedikit meringankan beban klub

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...