Khofifah-Emil Adopsi Program Gus Ipul-Mbak Puti

14 Feb 2019 19:10 Politik

Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak akan mengadopsi sejumlah program yang diusung oleh lawan politiknya Saifullah Yusuf (Gus Ipul) - Puti Guntur Soekarno (Mbak Puti). 

Hal itu dikatakan Khofifah dalam pidatonya di hadapan ratusan masyarakat Jawa Timur di Tugu Pahlawan Surabaya, Kamis, 14 Februari 2019 sore. 
 
"Saya ingin menyampaikan terima kasih kepada Gus Ipul dan Mbak Puti. Beliau berdua dengan besar hati, Mbak Puti ke rumah saya, dengan besar hati, Gus Ipul ke rumah saya," kata Khofifah. 
 
Khofifah mengaku telah berkomunikasi, untuk meminta izin mengakomodir sejumlah program yang digagas oleh Gus Ipul dan Mbak Puti, saat sama-sama melenggang di kontestasi Pilgub Jatim 2018 yang lalu. 
 
"Kami ingin menyampaikan program-program yang sudah dirumuskan oleh Gus Ipul dan Mbak Puti, saya dan Mas Emil sudah izin untuk kita akomodir di dalam kita membangun Jawa Timur yang akan datang," ujar gubernur perempuan pertama di Jawa Timur, tersebut. 
 
Mantan Menteri Sosial era Presiden Jokowi ini juga sempat menyinggung tagline Gus Ipul - Mbak Puti yang berbunyi Kabeh Sedulur Kabeh Makmur. Khofifah bahkan fasih menyanyikan lagu kampanye ciptaan mantan Wakil Gubernur Jawa Timur tersebut. 
 
"Sebagai bagian penghormatan kita kepada beliau berdua bolehkah saya mengajak kita semua untuk menyenandungkan Kabeh Sedulur Sak Jawa Timur, Kabeh Sedulur Kabeh Makmur, saya hafal," tuturnya, sembari bersenandung.
 
Artinya kata Khofifah, ia dan Emil setuju bahwa mereka dan seluruh masyarakat adalah saudara, yang punya tugas sama-sama memakmurkan rakyat Jawa Timur. Ia pun memohon dukungan serta doa restu. 
 
Lebih lanjut, Khofifah menyebut salah satu program yang Gus Ipul - Mbak Puti yang diadopsi pihaknya adalah itu adalah Desa Cemara. Program itu dinilainya dapat membawa kesejahteraan di masyarakat desa di Jatim
 
"Jadi dulu yang diusung Gus Ipul dan Mbak Puti di antaranya Desa Cemara. Mas Email juga detail sekali bagaimana memberikan support untuk desa-desa yang bisa menjadi destinasi wisata baik di tingkat kecamatan, kabupaten maupun di provinsi. Disupport infrastrukturnya, disupport SDN-nya dan seterusnya," katanya .
 
Sementara, itu Wakil Gubenur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengatakan siap menjadi pendukung atas kinerja Khofifah sebagai Gubernur baru Jawa Timur.
 
"Ya harus bisa mengisi area dimana ibu (Khofifah) membutuhkan. Jadi, baik itu tugas maupun juga memberikan masukan itu semuanya harus siap kita lakukan," ucap dia.
 
Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak sebelumnya resmi dilantik sebagi Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024. Pelantikan itu dilakukan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada pukul 16.00 WIB.Kamis, 13 Februari 2019 kemarin. (frd) 
Penulis : Farid Rahman
Editor : Witanto


Bagikan artikel ini