Sindir Khofifah, KH Said akan Mundur dari Ketum PBNU

27 Jan 2019 10:34 Nasional

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama ( PBNU ) KH Said Aqil Siroj, menyatakan akan mundur dari Ketua Umum PBNU. Pada Muktamar NU Agustus 2020, dia tidak akan mencalonkan diri lagi.

Pernyataan Said Aqil itu disampaikan dalam pidatonya pada puncak peringatan HUT ke 73 Muslimat NU di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Minggu 27 Januari 2019.

Menurut Said dirinya cukup menjabat Ketua Umum PBNU selama dua periode saja. Ia ingin memberikan tongkat estafet kepemimpinan NU kepada kader NU yang terbaik. Bagi yang ingin menjadi Ketua Umum PBNU, diminta menyiapkan diri mulai sekarang. "Saya cukup dua periode saja," kata Aqil yang juga didengar oleh Presiden Jokowi serta sekitar 100 ribu anggota Muslimat NU yang memenuhi Stadion Utama GBK.

KH Said Aqil Siroj, pertama terpilih menjadi Ketum PBNU menggantikan almarhum KH Hasyim Muzadi pada Muktamar NU di Makasar. Said terpilih kembali untuk periode ke dua pada Muktamar NU di Jombang.

Pernyataan Said ini seakan menyindir Khofifah Indar Parawansa yang sampai menjabat empat periode ketua Muslimat NU. (asm)

Reporter/Penulis : Asmanu Sudharso
Editor : Rohman Taufik


Bagikan artikel ini