Ketika Jokowi dan Presiden Korsel Berebut Bayar Beli Baju

13 Sep 2018 13:14 Politik

Ada kejadian unik saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Korea Selatan dan disambut oleh Presiden Moon Jae-in. Salah satunya saat Jokowi diajak blusukan di kawasan perbelanjaan Dongdaemun, Seoul, pada Senin 10 September 2018 kemarin.

Di pusat perbelanjaan yang dikenal sebagai tanah abangnya Korea Selatan itu, Jokowi dan Moon tampak saling mendahului untuk membayar baju. Video tingkah lucu dua presiden inipun kini viral di media sosial.

Asisten Ajudan Presiden Jokowi, Iptu Syarif Muhammad Fitriansyah, membenarkan peristiwa itu. "Iya betul. Aku sudah mau bayar, tapi enggak dibolehin," kata Iptu Syarif seperti dikutip kumparan, Kamis 13 September 2018.

Syarif menuturkan, dia sudah menyiapkan uang won untuk membayar beberapa baju yang dipilih Jokowi, namun tiba-tiba Presiden Moon menyela dan meminta agar dia yang membayar.

Presiden Jokowi dan rombongan bersama Presiden Moon Jaein blusukan di Dongdaemun Seoul 109 Foto  instagram
Presiden Jokowi dan rombongan bersama Presiden Moon Jae-in blusukan di Dongdaemun, Seoul (10/9). Foto : instagram

Sempat terjadi saling 'rebutan' agar mereka yang membayar. Bahkan, Ibu Negara Iriana yang melihat sikap Presiden Moon itu tampak heran, dan seperti ingin memastikan baju suaminya itu dibayar oleh ajudan.

"(Baju Jokowi) Diambil oleh Mr. Moon lalu ditarik dan diberikan ke saya lagi. Stafnya lalu mengadang, lalu saya lihat Mr. Moon yang bayar," ucap Syarif.

Bagi Syarif, peristiwa itu menunjukkan sikap Moon yang sangat hangat menjaga hubungan dengan Jokowi.

"Perlakuan Mr. Moon saja ditonjolkan, betapa akrab dan hangatnya kepada Bapak dan Ibu kita," kata Syarif.

Sementara Jokowi, usai blusukan itu menyebut kawasan Dongdaemun, Seoul, itu sebagai 'Tanah Abang'-nya Korsel. Dia terkesan dengan sambutan hangat Presiden Moon.

“Saya diajak Presiden Moon Jae-in. Dijual banyak jenis pakaian, ada pakaian anak-anak, remaja, wanita, dan pria juga ada. Ada 30 ribu toko di sini,” kata Jokowi.

Blusukan tersebut berlangsung sekitar 45 menit. Usai blusukan, sekitar pukul 21.15, Jokowi dan Iriana berpisah dengan Moon Jae-in dan Kim Jung-sook untuk kembali ke hotel tempat menginap.

Jokowi berada di Korsel selama 3 hari untuk membahas kerja sama ekonomi. Pada Rabu siang, Jokowi melanjutkan pejalanan ke Vietnam. Pada rabu malam, Jokowi pulang ke Jakara. (man)

Penulis : Rohman Taufik


Bagikan artikel ini