Kenalkan Wisata Pesisir, Pemkot Gelar Jambore Sepeda Tua

24 Apr 2019 18:40 Surabaya

Pemerintah Kota Surabaya bekerjasama dengan Komunitas Sepeda Tua Indonesia akan menggelar Jambore Sepeda Tua ke-7 di Sentra Ikan Bulak, Kenjeran, pada 27-28 April 2019.

Kepala Bidang Olah Raga Dispora Kota Surabaya, Arief Setia Purwanto mengatakan, acara ini juga salah satu rangkaian acara Hari Jadi Kota Surabaya ke-726.

"Di acara ini kami ingin mengenalkan wisata pesisir Surabaya, misalnya Taman Suroboyo, Patung Suro dan Boyo, Jembatan Suroboyo, dan Jembatan Suramadu. Selain itu kami ingin bersilaturrahmi dengan para pengguna sepeda tua dari seluruh Indonesia," ujarnya, Rabu, 24 April 2019. 

Arief juga menambahkan, acara ini merupakan agenda tahunan yang digelar oleh Pemkot Surabaya. Namun yang berbeda pada tahun ini adalah para peserta akan menggunakan kostum jaman perang kemerdekaan.

"Jadi sepeda dan pakaian mereka akan dihias seperti para pejuang kemerdekaan dulu. Selain itu juga rutenya, nanti akan melewati destinasi wisata pesisir Surabaya dengan panjang 21,4 kilometer. Bu Walikota akan membuka secara langsung acara ini," katanya.

Arief mengatakan, pemkot berharap semua warga dan komunitas tua Surabaya dapat ikut dalam acara ini dan turut meramaikan suasana.

Sementara itu, Ketua KOSTI Surabaya, Slamet Mulyono mengatakan dengan adanya acara seperti ini juga mengajak masyarakat lebih mengenal sepeda sepeda tua jaman dahulu.

"Datang ya ke acara ini. Pemkot sudah siapkan hadiah dan doorprize," ujarnya. 

Slamet menambahkan, KOSTI tahun ini menargetkan lebih dari 3 ribu peserta akan ikut meramaikan acara ini.

"Tahun lalu target peserta kurang dari 3 ribu, ternyata yang daftar 6 ribuan. Tahun ini kami targetkan 3 ribu dulu. Pasti nanti membludak lagi," katanya.

Slamet berjanji akan memfasilitasi masyarakat yang ingin ikut, namun terkendala kepemilikan sepeda.

"Ikut saja. Nanti daftar di sekretariat cuma bayar 50 ribu dan jaminan KTP pas hari H kami sediakan sepedanya," kata Slamet. (alf)

Penulis : Alief Sambogo
Editor : Witanto


Bagikan artikel ini