Posko Sapta Taruna yang tersebar di seluruh Indonesia. Posko tersebut memiliki fasilitas tempat istirahat, air minum, mushola dan alat berat untuk antisipasi kerusakan jalan akibat bencana alam. (Foto: Dok. PUPR)
Posko Sapta Taruna yang tersebar di seluruh Indonesia. Posko tersebut memiliki fasilitas tempat istirahat, air minum, mushola dan alat berat untuk antisipasi kerusakan jalan akibat bencana alam. (Foto: Dok. PUPR)

Kementerian PUPR Siagakan 588 dan Layanan Informasi

Ngopibareng.id Nasional 10 June 2018 23:59 WIB

Untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2018, tentu tak cuma infrastruktur jalan yang dibutuhkan. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga telah menyiapkan layanan informasi dan pengaduan yang dapat diakses melalui website, call center, whatsapp maupun aplikasi jalan kita.

“Kementerian PUPR berupaya seoptimal mungkin, agar mudik Lebaran 2018 lebih baik dari tahun sebelumnya. Kondisi jalan nasional secara umum sudah 90% dalam kondisi mantap,” kata Menteri Basuki beberapa waktu lalu.

Posko Sapta Taruna yang tersebar di seluruh Indonesia Posko tersebut memiliki fasilitas tempat istirahat air minum mushola dan alat berat untuk antisipasi kerusakan jalan akibat bencana alam Foto Dok PUPRPosko Sapta Taruna yang tersebar di seluruh Indonesia. Posko tersebut memiliki fasilitas tempat istirahat, air minum, mushola dan alat berat untuk antisipasi kerusakan jalan akibat bencana alam. (Foto: Dok. PUPR)

Untuk menjaga kondisi jalan tetap mantap selama mudik Lebaran 2018, Kementerian PUPR telah menyiagakan sebanyak 588 Posko Sapta Taruna yang tersebar di seluruh Indonesia. Posko tersebut memiliki fasilitas tempat istirahat, air minum, mushola dan alat berat untuk antisipasi kerusakan jalan akibat bencana alam.

Informasi mengenai lokasi-lokasi Posko Sapta Taruna dapat diakses melalui website http://pu.go.id/mudik2018 yang juga dapat diakses melalui telepon selular. Selain itu juga terdapat layanan live streaming untuk mengetahui kondisi lalu lintas dari hasil pantauan CCTV yang dipasang dibeberapa lokasi dan dukungan mobil streaming monitoring system (SMS) yang terkoneksi dengan modem satelit sehingga bisa melaporkan secara real time.

Informasi dan pengaduan kondisi jalan juga dapat melalui aplikasi jalan kita yang dapat diunduh di IOS maupun AndroidInformasi dan pengaduan kondisi jalan juga dapat melalui “aplikasi jalan kita” yang dapat diunduh di IOS maupun Android.

Para pemudik juga dapat meminta informasi kondisi jalan atau melaporkan apabila menemui jalan nasional yang mengalami kerusakan melalui nomer telepon 0812-8383-5757. Informasi dan pengaduan kondisi jalan juga dapat melalui “aplikasi jalan kita” yang dapat diunduh di IOS maupun Android.

Kementerian PUPR juga melakukan pemantauan kepadatan lalu lintas melalui Sistem Informasi Dini Lalu Lintas (Sindila) yang terdiri dari sensor alat penghitung volume lalu lintas. Sensor ditempatkan di Tol Cipali, Jalan Soekarno Hatta Bandung dan Rancaekek. (frd)

Penulis : Farid Rahman

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

06 Mar 2021 23:26 WIB

Miley Cyrus akan Gabung di Perusahaan Rekaman BTS

Musik

Miley Cyrus tinggalkan RCA dan bergabung di Columbia Records.

06 Mar 2021 23:11 WIB

Persela Lamongan Rekrut Eks Timnas Indonesia U-19

Liga Indonesia

Persela Lamongan rekrut eks Timnas Indonesia U-19, Alvian Sanyi.

06 Mar 2021 22:59 WIB

Mayangsari Buka Suara Dicap Pelakor Senior

Gosip Artis

Mayangsari buka suara di kanal YouTube Maia Estianty.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...