Pelaksana tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud Prof Nizam. (Foto: Antara)

Kemendikbud Kirim 2.500 Baju Hazmat ke RS PTN Unair dan UGM

Nasional 24 April 2020 21:30 WIB

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi kembali mengirimkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) kepada Rumah Sakit Pendidikan PTN untuk penanganan Coronavirus Disease (Covid-19) pada Jumat 24 April 2020.

Bantuan Alat Pelindung Diri (APD) yang dikirim berupa Hazardous Material Suit atau baju hazmat sejumlah 1000 unit untuk RS Universitas Airlangga, 1000 unit untuk RS Akademik Universitas Gadjah Mada, dan 500 unit untuk Fakultas Kedokteran UGM.

Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Paristiyanti Nurwardani, menjelaskan bahwa pengiriman APD Baju Hazmat ini merupakan salah satu upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk turut serta memerangi pandemi Covid-19.

Pengadaan Baju Hazmat dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, sedangkan untuk pengirimannya dilakukan oleh Biro Umum dan Pengadaan Kemdikbud selaku Sekretariat Nasional Satuan Pendidikan Aman Bencana (Seknas SPAB).

“Ini merupakan salah satu perwujudan sinergi antar unit kerja di Kemdikbud untuk bersama bergotong royong memerangi pandemi," kata Paris.

Di sisi lain, plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Nizam, menjelaskan bahwa pengiriman bantuan APD Baju Hazmat untuk RS Unair, RS Akademik UGM dan Fakultas Kedokteran UGM ini merupakan wujud nyata dari refocussing anggaran Kemdikbud untuk penanganan pandemi Covid-19.

Lebih lanjut Nizam menjelaskan bahwa untuk penanganan Covid-19, Kemdikbud melakukan refocussing anggaran sebesar Rp405 miliar.

Pengiriman APD untuk RS Unair, RS Akademik UGM dan Fakultas Kedokteran UGM ini merupakan tahap kedua penyerahan bantuan dari Kemendikbud untuk RS PTN. Sebelumnya, Kemendikbud melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi juga telah menyerahkan bantuan APD berupa 2000 unit Baju Hazmat, 2000 unit pelindung muka (face shield) dan 466 unit sepatu bot yang diserahterimakan kepada RS Universitas Indonesia dan Universitas Padjajaran.

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

11 Jul 2020 19:25 WIB

Belum Pernah Debut, Han Seo Hee Kembali Terciduk Kasus Narkoba

ngopiK-pop

Han Seo Hee merupakan sosok kontroversial di lingkungan artis K-Pop.

11 Jul 2020 19:16 WIB

Prediksi Tottenham vs Arsenal: Pragmatis kontra Dinamis

Liga Inggris

Kedua tim mengusung gaya bermain berbeda

11 Jul 2020 19:15 WIB

AMSI Aceh Punya Pengurus Baru

Nasional

Maimun Saleh terpilih jadi Ketua AMSI Aceh Periode 2020-2023.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...