Seorang barista asal kampung Jatiarjo, Pasuruan menampilkan suguhan kopi di acara APW 2019. (Foto: Dok Humas)

Kampung Kopi Jatiarjo Pasuruan Tampil di APW Jatim 2019

Ngopibareng Pasuruan 04 August 2019 22:29 WIB

Untuk kedua kalinya, Kampung Kopi Jatiarjo, satu diantara produk usaha Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Arjuna, Kecamatan Prigen diundang Pemerintah Provinsi Jawa Timur turut serta meramaikan suasana di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

Kesempatan emas tersebut tampaknya betul-betul dimanfaatkan dengan menyajikan racikan kopi spesial untuk para undangan di acara Anugerah Pewarta Warga (APW) Jatim 2019 yang memadati ruang Singosari.

Baik kopi Robusta maupun Arabika hasil panen dari perkebunan di Desa Jatiarjo-pun dapat dinikmati di tengah gayengnya suasana perhelatan penghargaan di bidang jurnalisme warga yang merupakan event perdana dari Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur tersebut.

Melalui kepiawaian dan ketangkasan tim barista Kampung Kopi Jatiarjo, sekitar dua ratusan gelas kopi mampu disuguhkannya dalam waktu relatif singkat. Sehingga tidak membutuhkan waktu terlalu lama bagi tamu undangan untuk mendapatkan kopi pesanannya. Cukup berdiri rapi mengikuti pola antrian di depan meja saji, segelas kopi pilihan bercitarasa premium-pun siap disesap.

Daniel Budiana, salah satu penikmat kopi Robusta Kampung Kopi Jatiarjo, tampak begitu menikmati minuman berkafein pesanannya. Pria berkacamata yang merupakan Ketua Prodi Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) Universitas Kristen Petra Surabaya tersebut menuturkan sangat cocok dengan rasa khas kopi Robusta desa Jatirejo.

"Kopi Robustanya mantaab. Pas di lidah. Rasa khas Robusta Indonesia. Tidak kalah dengan merek luar negeri lhoo. Kalau Arabikanya ada rasa kecut yang agak strong ya. Yang terpenting lagi, dua jenis kopi teman-teman Kampung Kopi Jatiarjo tidak membuat saya kembung," katanya di depan booth Kampung Kopi Jatiarjo.

Senada Daniel, Ratna Pipit juga tampak menikmati segelas kopi pesanannya. Ia mengaku, selama ini perutnya cukup sensitif dengan minuman berkafein. Tapi tidak demikian halnya saat mencicipi kopi produk Kampung Kopi Jatiarjo.      

"Overall, menurut saya rasa kopinya enak. Apalagi kan perutku suka sensitif kalau minum kopi. Nah ternyata waktu saya minum kok gak sebah di perut ya," ujar gadis berpembawaan ceria yang saat ini menjabat sebagai Kaprodi Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Almamater Wartawan Surabaya (STIKOSA AWS) tersebut dengan senyum sumringah.     

Sebelumnya, di lokasi yang sama, Kampung Kopi Jatiarjo pernah diundang untuk mengisi acara Meet Up and Share Social Media Influencer bertajuk 'Kopilaborasi' bersama Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak. Menjadi satu paket bundling dengan kehadiran KIM Arjuna yang pada saat itu terpilih sebagai satu diantara pegiat media sosial di Jawa Timur.

Kali ini, kehadirannya juga masih satu paket dengan KIM Arjuna yang terpilih sebagai dua puluh lima besar nominator Anugerah Pewarta Warga (APW) Jatim 2019 untuk kelima kategori yang diperlombakan. 

Masing-masing kategori dan lima besar untuk kategori artikel berita, video berita, foto berita, infografi dan videografis. Dari kagetori video berita yang diikutinya, KIM Arjuna menampilkan profil Wisata Kampung Kopi Jatiarjo yang merupakan representasi dari wisata edukasi dengan produk tanaman kopi di Desa Jatiarjo. (sumber: www.pasuruankab.go.id)

Penulis : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Feb 2020 15:41 WIB

Sosialisasi Jargas di Pasuruan, PT PGN Jamin Senyaman Mungkin

Ekonomi dan Bisnis

Ribuan warga Kota Pasuruan bakal menikmati jargas

25 Feb 2020 13:35 WIB

Dua Tahun Produksi, Warga Tak Tahu Ada Peracik Obat Ilegal

Reportase

Dua rumah yang digunakan selalu tertutup layaknya rumah tak berpenghuni

24 Feb 2020 23:36 WIB

Banser Siap Jadi Komponen Cadangan Untuk Jaga NKRI

Ngopibareng Pasuruan

Ini diungkapkan KSP RI Jenderal (Purn) Moeldoko dalam Apel Kebangsaan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.