Gelandang Ajax Donny van de Beek mengacungkan jempol ke arah suporter timnya seusai mengalahkan Tottenham Hotspur 1-0 dalam laga pertama semifinal Liga Champions di Stadion Tottenham Hotspur, London, Inggris, Rabu, 1 Mei 2019. (Foto: Reuters)
Gelandang Ajax Donny van de Beek mengacungkan jempol ke arah suporter timnya seusai mengalahkan Tottenham Hotspur 1-0 dalam laga pertama semifinal Liga Champions di Stadion Tottenham Hotspur, London, Inggris, Rabu, 1 Mei 2019. (Foto: Reuters)

Kalahkah Tottenham, Peluang Ajax Melaju Final Terbuka

Ngopibareng.id Liga Champions 01 May 2019 05:10 WIB

Ajax Amsterdam berada di atas angin usai sukses mengalahkan Tottenham dengan skor tipis 1-0 dalam laga leg pertama semifinal Liga Champions 2018-19 yang digelar di Tottenham Hotspur Stadium, Rabu, 1 Mei 2019 dini hari WIB.

Gol semata wayang dicetak Donny van de Beek di menit 15. Gol yang sedikit berbau offside ini cukup untuk membawa Ajax menjinakkan tuan rumah yang tampil tanpa Harry Kane dan Son Heung-min.

Hasil ini tentu menjadi modal bagus bagi Ajax yang akan berganti menjadi tuan rumah dalam partai leg kedua yang akan dihelat tengah pekan depan.

Pada babak pertama, Pasukan Erik ten Hag tampil dominan dalam hal penguasaan bola, sama seperti yang mereka tunjukkan ketika melawat ke kandang Real Madrid dan Juventus.

Gol Ajax di menit ke-15 berawal umpan Hakim Ziyech kepada Van de Beek yang lolos dari perangkap offside lebih dulu mengontrol bola sebelum dengan tenang menaklukkan Hugo Lloris.

Memasuki menit ke-32, dua pemain Tottenham, Jan Vertonghen dan Toby Alderweireld terlibat tabrakan beserta kiper Ajax, Andre Onana. Vertonghen pun akhirnya tak mampu melanjutkan pertandingan dan digantikan Moussa Sissoko.

Jelang babak pertama usai, Spurs memperoleh peluang emas untuk menyamakan kedudukan. Sayang usaha Alderweireld dan Sissoko masih gagal membuahkan hasil. Skor 0-1 untuk keunggulan Ajax pun bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Spurs mencoba untuk lebih berani mengimbangi penguasaan bola yang sebelumnya lebih didominasi Ajax. Serangan berbahaya pun makin sering diciptakan tuan rumah.

Namun, Ajax hampir saja menggandakan keunggulan mereka di menit ke-78. Sebuah kerja sama apik para pemain Ajax diakhiri tembakan David Neres yang sayangnya masih digagalkan tiang gawang.

Mauricio Pochettino mencoba mencari gol penyeimbang dengan memasukkan Ben Davies dan Juan Foyth. Sayang usaha tuan rumah tak berhasil. Skor 0-1 untuk kemenangan Ajax pun menjadi hasil akhir laga ini. (wit)

Susunan Pemain

Tottenham: Lloris; Alderweireld, Davinson Sanchez, Vertonghen (Sissoko 39'); Trippier (Foyth 80'), Eriksen, Wanyama, Rose (Davies 79'); Dele Alli, Llorente, Lucas Moura.

Ajax: Onana; Veltman, De Ligt, Blind, Tagliafico; Van de Beek, Schone (Mazraoui 65'), De Jong; Ziyech (Huntelaar 87'), Tadic, Neres.

Penulis : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

22 Oct 2020 10:10 WIB

Liverpool Curi Poin di Kandang Ajax Akibat Gol Bunuh Diri

Liga Champions

Liverpool menang akibat gol bunuh diri pemain Ajax.

19 Sep 2020 15:04 WIB

Prediksi MU vs Crystal Palace: Menanti Kiprah Donny van de Beek

Liga Inggris

Donny akan menggantikan peran Paul Pogba yang cedera

31 Aug 2020 22:40 WIB

Bursa Transfer: Rakitic Perjalanan ke Sevilla, Van de Beek ke MU

Dunia

Semua tentang proses transfer pemain top Eropa

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...