Mantan pebalap Repsol Honda, Jorge Lorenzo. (Foto: AFP/Pierre-Philippe Marcou)

Jorge Lorenzo Bakal Liburan ke Bali dan Tumbuhkan Jenggot

MotoGP 19 November 2019 05:58 WIB

MotoGP Valencia 2019 di Sirkuit Ricardo Tormo menjadi ajang terakhir pebalap Jorge Lorenzo. Ia memutuskan untuk pensiun dari tim Repsol Honda pada Minggu, 17 November 2019.

Di akhir karirnya bersama Repsol Honda, pebalap berjuluk X-Fuera itu tetap tampil tak sesuai ekspektasi di MotoGP Valencia.

Jorge Lorenzo lagi-lagi gagal tampil cepat bersama motor Honda RC213V. Ia hanya mampu finis di peringkat 13.

Sementara rekan satu timnya yang telah memastikan gelar juara dunia MotoGP 2019, Marc Marquez tampil memukau dengan merebut podium kemenangan.

Jorge Lorenzo pensiun di usia 32 tahun. Sepanjang karirnya, mantan rider Ducati itu telah memenangkan lima gelar juara dunia. Dua di kelas 250 cc dan tiga di kelas MotoGP.

Pria kelahiran 4 Mei 1987 ini pensiun lantaran banyaknya cedera yang membekapnya dalam beberapa tahun terakhir. Yang terparah, terjadi pada sesi latihan bebas pertama di MotoGP Assen pada 28 Juni 2019 lalu.

Dalam waktu dekat, Jorge Lorenzo akan terbang ke Bali, untuk menikmati liburan selepas gantung helm.

"Saya sudah membeli tiket pergi ke Bali, saya sangat mengapresiasi rakyat Indonesia karena saya cukup terkenal di sana. Saya rasa mereka bakal menyambut saya dengan baik, orang-orangnya ramah sekali," kata Jorge Lorenzo dikutip dari Marca.

Selama liburan, ia akan menumbuhkan jenggot yang selama ini sempat rontok karena stres.

"Saya juga ingin menumbuhkan jenggot, yang dulu sempat rontok akibat stres dan tekanan yang didapatkan sepanjang tahun ini. Saya akan menikmati liburan bersama teman-teman, dan jika saya benar-benar bahagia di sana maka saya bisa tinggal selama beberapa minggu," ungkap Jorge Lorenzo.

Pengumuman Alex Marquez gabung Repsol Honda bersama sang kakak Marc MarquezPengumuman Alex Marquez gabung Repsol Honda bersama sang kakak, Marc Marquez.

Posisi Jorge Lorenzo akan digantikan Alex Marquez, juara dunia Moto2 2019 sekaligus adik Marc Marquez. Kakak beradik ini akan memperkuat tim Repsol Honda di MotoGP 2020.

Alex Marquez dikontrak Honda selama satu tahun per musim 2020. Ia akan mengendarai motor RC213V.

Alex Marquez sendiri sudah dua kali menjadi juara dunia balap motor. Ia sempat menjuarai Moto3 pada 2014 dan Moto2 tahun ini.

Sementara itu, Marc Marquez menutup musim 2019 dengan kemenangan di MotoGP Valencia. 'Baby Alien' sukses mengalahkan Fabio Quartararo yang memulai balapan di Sirkuit Ricardo Tormo dengan status pole position.

Hasil ini menjadi kemenangan ke-12 Marc Marquez sepanjang MotoGP 2019. Dari 19 race yang diikuti, ia selalu finis di urutan pertama dan kedua, serta hanya satu kali gagal menyelesaikan balapan di MotoGP Amerika.

Total Marc Marquez meraup 420 poin dari 12 kali podium pertama dan 6 kali finis kedua. Pencapaiannya itu mematahkan rekor sebelumnya milik Jorge Lorenzo, yakni 383 poin selama musim MotoGP 2010, serta menjadi pebalap pertama sepanjang sejarah yang mampu meraih lebih dari 400 poin.

Marc Marquez sebenarnya sudah mematahkan rekor Lorenzo tersebut saat finis kedua di seri MotoGP Malaysia, yakni dengan koleksi 395 poin. Rider tim Repsol Honda itu menggenapkannya menjadi 420 poin setelah kemenangan di Valencia.

Marquez juga memecahkan rekor sebagai pebalap yang paling banyak naik podium dalam satu musim. Marc Marquez sukses meraih podium sepanjang 18 kali dari 19 race sepanjang MotoGP 2019.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

02 Sep 2020 15:16 WIB

Pol Espargaro Belum Bisa Bandingkan KTM karena Marc Marquez Absen

MotoGP

Menurutnya, tanpa pembalap terbaik, KTM belum bisa mengujur performa merek.

27 Aug 2020 16:33 WIB

Messi Jadi Rider Repsol Honda, Ini Tanggapan Konyol Marquez

MotoGP

Marquez berkomentar dengan nada bercanda soal Messi kenakan baju balap

27 Aug 2020 12:40 WIB

Marc Marquez Jagokan Quartararo dan Dovizioso Juara MotoGP 2020

MotoGP

Meski menilai Quartararo dan Dovi berpeluang, Vinales tidak ia kesampingkan

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...