Latihan Persebaya Surabaya. (Foto: Persebaya.id)
Latihan Persebaya Surabaya. (Foto: Persebaya.id)

Jelang Liga 1, Persebaya Panasi Mesin Pertahanan

Ngopibareng.id Liga Indonesia 09 September 2020 20:55 WIB

Jelang bergulirnya lanjutan kompetisi Liga 1 pada bulan Oktober mendatang, Persebaya Surabaya terus fokus memoles taktikal tim selama pekan ini. Sebelumnya anak asuh Aji Santoso digembleng latihan utama ball possession dan finishing touch, mulai Selasa 8 September 2020 mereka mendapat menu latihan berbeda.

Aji Santoso kini fokus dalam meramu strategi bertahan, yang menjadi salah satu kelemahan Persebaya di awal musim ini. Fokus di lini pertahanan menjadi menu penggawa Bajul Ijo dalam latihan yang diselenggarakan selama kurang lebih 100 menit tersebut.

“Setelah satu minggu kami memberikan materi conditioning training. Ini tadi kami sudah mulai pelan-pelan ke taktikal. Mulainya dengan taktik bertahan kepada para pemain. Ini seminggu ke depan banyak latihan taktikal," kata Aji.

Pelatih berlisensi AFC A Pro tersebut sempat mencoba beberapa kombinasi pemain bertahan. Bahkan Muhammad Kemaluddin sempat dipasang sebagai center back bersama Hansamu Yama. Tidak hanya mencoba kombinasi pemain, Aji juga melatih strategi compact defense.

Konsep compact defense adalah cara bertahan secara tim, yakni dengan seluruh pemain ikut aktif bertahan dan merebut bola secepatnya, ketika tim kehilangan bola dan bola dikuasai oleh lawan.

Aji mengatakan bahwa meski sempat libur panjang, anak asuhnya masih memiliki feeling ball yang kuat. Selain itu, menurut Aji sudah lima bulan tidak berlatih taktikal tapi para pemain cepat paham dengan strategi yang diinginkannya.

"Sejauh ini cukup bagus. Apalagi ini kami berikan lima bulan setelah libur. Tetapi, secara keseluruhan anak-anak tinggal mengingatkan saja memahami saja sudah taktikal yang saya berikan mereka sudah paham. Tinggal saya bagaimana pemain ini terjadi otomatisasi ketika bertahan," katanya.

Untuk menguji skema, taktik, formasi, dan permainan timnya selama latihan ini, Aji berencana akan menyelenggarakan internal game dalam pekan ini. Namun ia mengaku belum mengagendakan uji coba dengan klub lain dalam waktu dekat.

"Mungkin masih minggu depan ya untuk untuk uji coba. Kalau minggu ini kami belum ada uji coba, mungkin internal game saja," pungkasnya.

Penulis : Alief Sambogo

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

19 Jan 2021 03:08 WIB

Kehilangan Saling Kasih, Ini Jalan Raih The Golden Role

Islam Sehari-hari

Penjelasan KH Husein Muhammad soal peran terbaik dalam Islam

19 Jan 2021 02:24 WIB

Empat Ciri Masjid NU, Berdasarkan Alamiah Ibadah

Khazanah

Penjelasan Ustaz Ma'ruf Khozin, Direktur Aswaja NU Center Jawa Timur

18 Jan 2021 22:40 WIB

Wapres Dukung Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen

Nasional

Gerakan nasional donor plasma konvalesen perlu solidaritas masyarakat.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...