Skuad Persela Lamongan saat kembali berlatih. Tim sempat diliburkan pelatih Nil Maizar. (Foto: Nasih/ngopibareng.id)

Jeda FIFA Match Day, Nil Maizar Genjot Latihan Pemainnya

Liga Indonesia 08 October 2019 09:45 WIB

Pasca tertundanya pertandingan lawan Persija Jakarta, akibat tidak ada izin keamanan karena demonstrasi, membuat Persela memiliki jeda waktu pertandingan yang panjang.

Apalagi ditambah jeda FIFA Match Day, dengan adanya agenda Timnas Indonesia yang bermain dalam laga kualifikasi Piala Dunia pada 10 Oktober dan 15 Oktober mendatang.

Hal tersebut dimanfaatkan pelatih Persela Lamongan, Nil Maizar untuk menggenjot latihan skuad Laskar Joko Tingkir.

Nil Maizar mengaku akan mematangkan strategi permainan anak asuhnya, sebelum menghadapi PSIS Semarang di Stadion Surajaya, Jumat 18 Oktober 2019.

"Dalam minggu ini kita banyak latihan di condition training, seperti tactical strategy," terangnya, usai pimpin latihan, Selasa Pagi, 8 Oktober 2019.

Menurut Nil Maizar, aspek penting di permainan sepak bola itu ada tiga. Yakni attack, defense, dan transisi. Ia menambahkan tingkat kebugaran fisik yang baik akan mampu menunjang kualitas permainan, baik dalam menyerang, bertahan maupun dalam transisi permainan.

"Itu kita gunakan dalam minggu ini. Di aerobic power itu ada kecepatan ada kekuatan. Kita main bola itu harus cepat dan kuat, jangan kuat tapi lambat, atau cepat tapi tidak kuat," bebernya.

Mantan 'arsitek' Timnas Senior Indonesia tersebut mengaku akan memberikan menu latihan yang berbeda kepada para pemainnya selama jeda kompetisi. Salah satu rencana program latihannya adalah dengan menggelar latihan di pantai selama dua hari.

"Rencananya latihan di pantai dua hari, Rabu dan Kamis. Rabu pagi sama sore (latihan di pantai). Kamis pagi juga (di pantai), kemudian sore sudah balik lagi untuk merealisasikan kondisi pemain," terangnya.

Namun, Nil Maizar tidak akan menggelar uji coba dengan tim lain saat jeda pertandingan. Untuk menjaga agar kondisi pemain Persela Lamongan tidak kehilangan sentuhan. Ia lebih memilih melakukan game internal daripada uji coba.

"Untuk uji coba tidak ada. Karena kalau uji coba pemain enggak dapat semua. Kita lakukan game internal 2x45 menit saja di dalam latihan. Kita coba pemain agar di kondisi dapat, main dapat, dan lawan yang dihadapi juga seimbang," pungkasnya.

Seperti Diketahui, Nil Maizar telah meliburkan pemain sejak Kamis 2 Oktober 2019. Para pemain pun bisa pulang ke kampung halaman masing-masing. Selasa pagi ini, skuad Persela sudah mulai kembali latihan di Stadion Surajaya.

Penulis : Nasih Farihuddin

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

14 Feb 2020 08:35 WIB

Persela Angkat Koper, Nil Maizar Bakal Evaluasi Lini Belakang

Liga Indonesia

Sebut dua gol Arema FC akibat kesalahan lini belakang Persela Lamongan

11 Feb 2020 22:40 WIB

Dilibas Persija, Persela Benahi Transisi Permainan Lawan Arema

Liga Indonesia

Gol Persija hasil dari lemahnya transisi permainan.

21 Oct 2019 20:11 WIB

Jelang Laga Klasik Lawan Persebaya, Persela Benahi Pertahanan

Liga Indonesia

Nil Maizar fokus benahi sektor pertahanan yang masih menjadi titik lemah Persela

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...