Jatim Fair 2019 Resmi Dibuka Gubernur Khofifah

08 Oct 2019 17:04 Jawa Timur

Gubernur Khofifah Indar Parawansa resmi membuka pameran Jatim Fair ke-10, sekaligus menjadi salah satu rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Jatim yang ke-74 tahun. Pameran tersebut akan berlangsung selama enam hari, mulai hari ini sampai Minggu 13 Oktober 2019.

Total ada sebanyak 540 stan yang ikut dalam pameran Jatim Fair ini. Mereka adalah pelaku usaha, Kampung Dekranasda Jawa Timur, BUMN, 31 OPD Pemprov Jawa Timur, perwakilan negara sahabat, perwakilan daerah se-Indonesia seperti Lombok Barat, Cirebon, Magelang juga DIY dan juga swasta.

Setelah membuka pameran, Khofifah meninjau berbagai stan dari OPD tingkat provinsi dan kabupaten atau kota hingga UMKM yang ada di Jatim. Khofifah berharap pameran ini bisa mengenalkan produk unggulan Jatim ke masyarakat luas.

"Jatim Fair ini kan bagian untuk bisa mendisplay berbagai produk unggulan, terutama handycraft dan produk yang menjadikan prototipe keunggulan teknologi Jawa Timur," kata Khofifah di Grand City Surabaya, Selasa 8 Oktober 2019.

Tak hanya itu, Khofifah juga menyebut pameran ini bisa menjadi suatu tempat pertemuan produsen dengan pembeli.

"Jatim Fair kali ini, kami berharap akan menjadi bagian dari pertemuan produsen dengan buyer nasional dan internasional, forum bisnis, meeting juga berjalan, maka tentu kita berharap bisa berseiring," lanjutnya.

Sementara itu, di Jatim, Khofifah mengatakan bukan hanya berbagai produk, pameran ini juga akan mengenalkan berbagai potensi pariwisata di Jatim. Tak hanya itu, Mantan Mensos tersebut mengatakan pameran ini akan menjadi yang terbesar apabila ibu kota Indonesia berpindah ke Kalimantan.

"Jatim Fair ke-11 tahun yang akan datang Insya Allah akan menjadi bagian dari penguatan Jatim Fair. Kami berharap kalau nanti ibu kota Indonesia itu pindah ke Kalimantan Timur, ini akan menjadi pameran terbesar di Indonesia sesuatu yang menurut saya sangat mungkin, bukan mimpi untuk bisa kita wujudkan," ujarnya.

Dalam peresmian tersebut, nampak pula hadir Pangdam V Brawijaya, Mayjend Wisnoe Prasetja Boedi, Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak serta Wakil DPRD Jatim Anwar Sadad.

Sementara itu, di lokasi terlihat berbagai macam produk unggulan dan pariwisata unggulan Jatim. Misalnya saja makanan dan minuman khas Jatim hingga berbagai batik dan hasil kerajinan UMKM. 

Selain itu, nampak mobil otomotif karya mahasiswa ITS turut ditampilkan dalam Jatim Fair 2019, sebagai wujud berkembangnya inovasi bidang teknologi bidang otomotif di Jawa Timur.

Penulis : Faiq Azmi
Editor : Moch. Amir


Bagikan artikel ini