Juanma Lillo. (Foto: Twitter/@Futbol_Nervion)

Ini Sosok Asisten Pelatih Baru Pep Guardiola

Liga Inggris 06 June 2020 10:40 WIB

Sejak ditinggalkan Mikel Arteta ke Arsenal, Josep Guardiola tak lagi memiliki asisten teknik di Manchester City. Tapi, dalam waktu dekat pos itu akan terisi oleh sosok baru yang akan mengisi kekosongan tersebut.

Dia adalah Juanma Lillo, manajer klub Quangdao Huanghai yang bermain Liga Super China. Lillo bukanlah sosok baru di mata Guardiola karena mereka sudah berteman dekat sejak lama.        

Juru taktik yang satu ini memiliki pengalaman segudang karena pernah menangani sejumlah klub di berbagai negara. Pelatih berusia 54 tahun itu juga tercatat sebagai asisten Jorge Sampaoli di timnas Chili dan Sevilla.

Guardiola dengan Lillo juga pernah berada dalam satu tim saat bermain untuk klub Meksiko, Dorados de Sinaloa di musim terakhirnya sebagai pemain, 2005-2006. Meski terpisah cukup lama, keduanya masih menjalin kontak satu sama lain.

Lillo sendiri menceritakan awal perkenalannya dengan Guardiola. Saat itu, tim besutannya Real Oviedo dikalahkan Barcelona yang diperkuat Guardiola. Seusai pertandingan, tiba-tiba legenda hidup sepak bola Catalan itu mengetuk pintu ruang ganti Oviedo.

“Pada akhir pertandingan, dia mengetuk pintu ruang ganti dan mengatakan kepada saya: ‘Saya suka tim Anda, saya sudah mendengar tentang hal-hal hebat tentang Anda, bisakah kita bermain?” kata Lillo seperti dikutip dari Marca.

“Bagaimana mungkin aku tidak ingin berteman dengan pemain yang aku kagumi seperti Guardiola,” terang Lillo.

Lillo juga mengatakan, bahwa pernah menjadi pelatih Guardiola adalah pengalaman mengesankan di sepanjang kariernya sebagai juru racik tim. Lillo sendiri mengklaim Guardiola sudah seperti anaknya sendiri.

Guardiola sendiri membalas pujian itu dengan menyebut bahwa Lillo adalah figure penting di balik keberhasilannya sebagai pelatih Barcelona di musim 2011. Berkat Lillo pula, Guardiola berhasil membawa Blaugrana meraih tiga titel juara La Liga, dan dua Liga Champions.   

Meski hingga kini belum ada konfirmasi resmi dari manajemen Etihad, bisa dipastikan Lillo akan segera bergabung dengan Guardiola di Manchester City. Bila tidak di sisa musim ini, Lillo besar kemungkinan sudah berada di Manchester ketika tim itu melakukan persiapan pramusim.

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

18 Sep 2020 14:59 WIB

Ganjar Minta Penderita Hipertensi Bertahan di Rumah

Nusantara

Hipertensi menjadi penyumbang kematian terbesar.

18 Sep 2020 14:55 WIB

Sinopsis First Kill, Aksi Pialang Saham Wall Street Bebaskan Anak

Film

First Kill diputar di Bioskop Trans TV pada Jumat 18 September 2020.

18 Sep 2020 14:40 WIB

Anemia Sebabkan Risiko Kematian Tertinggi Pasien Covid-19

Kesehatan

Karena, Anemia mempengaruhi daya tahan tubuh.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...