Kabaharkam baru Irjen Firli Bahuri. (Foto: Antara)

Ini Alasan Polri Lantik Ketua KPK Terpilih Jadi Kabaharkam

Nasional 19 November 2019 10:20 WIB

Ketua KPK terpilih Irjen Firli Bahuri tiba-tiba dilantik sebagai Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri. Dengan pelantikan ini, Firli yang semula menjabat Kapolda Sumatera Selatan akan naik pangkat menjadi Komisaris Jenderal atau bintang tiga.

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen M Iqbal, usai pelantikan, Selasa 19 November 2019 mengatakan, Firli memang perwira yang sarat prestasi.

"Yang bersangkutan sejak taruna Akpol prestasinya sudah menonjol. Beliau pernah jadi komandan resimen korps taruna dari tingkat 1 sampai 4. Hampir 1.000 lebih taruna Akpol yang dimanage beliau. Sudah terlihat kepemimpinan dan kecerdasan beliau," kata Iqbal.

Selain itu, selama menjabat Kapolres hingga Kapolda, rekam jejak Firli juga sangat baik. Jabatan Kabaharkam merupakan bentuk reward kepada Firli sebelum resmi meninggalkan Polri untuk memimpin KPK pada Desember 2019 mendatang.

"Saya melihat sangat tepat pimpinan memberikan reward kepada Pak Firli yang konsekuensinya tidak beberapa lama lagi beliau akan menjadi bintang tiga," kata Iqbal.

Sekadar diketahui, Firli resmi menjabat Kabaharkam sesuai surat telegram bernomor ST/3020/XI/KEP./2019 yang terbit pada Jumat, 8 November 2019 dan diteken Asisten Kapolri bidang SDM (As SDM) Irjen Eko Indra.

Kabaharkam sebelumnya dijabat Irjen Condro Kirono. Firli sendiri rencannya akan dilanantik sebagai ketua KPK pada Desember 2019.

Penulis : Rohman Taufik

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

29 Jun 2020 10:30 WIB

Pakai Heli Mewah, Ketua KPK akan Diperiksa Dewan Pengawas

Nasional

Ketua KPK Firli Bahuri pakai heli mewah milik swasta saat di Palembang

24 Jun 2020 12:20 WIB

Pakai Heli Mewah Milik Swasta, Ketua KPK Diadukan ke Dewas

Nasional

Firli Bahuri, Ketua KPK naik heli untuk uruan pribadi.

28 Apr 2020 11:56 WIB

Ketua KPK Bilang Kerja Tanpa Koar-Koar, ICW Tanya Koar-koar Apa?

Nasional

ICW kritik Ketua KPK Firli Bahuri yang menyebut Kpk Kerja tidak koar-koar.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...