Haedar Besuk Seniornya, Begini Kondisi Buya Syafii Maarif

29 Jul 2019 19:07 Tokoh

Di antara tokoh Nasional yang terjaga integritasnya, Ahmad Syafii Maarif. Tokoh yang dikenal sebagai sejarawan ini, mempunyai perhatian serius terhadap perjalanan bangsa ini.

Pemikiran-pemikiran yang diterbitkan dalam sejumlah buku, mencerminkan kecintaan penuh terhadap negeri yang dibangun para tokoh Islam dan segenap pendiri bangsa ini. Menyadari kemajemukan sosial di Indonesia, terikat dengan landasan negara Pancasila.

Sayang, lama tak terdengar kabarnya, ternyata begini kondisi Ahmad Syafii Maarif alias Buya Syafii. Ini laporan ngopibareng.id:

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir, menjenguk Buya Syafii Maarif di RS PKU Muhammadiyah Gamping tempat mantan ketua umum ormas Islam berdiri 1912 itu, dirawat.

"Alhamdulillah kesehatan Buya semakin membaik dan satu dua hari ke depan sudah diperbolehkan dokter untuk pulang", tutur Haedar, dalam keterangan diterima ngopibareng.id, Senin 29 Juli 2019.

Haedar Nashir membesuk, bersama menjenguk Mendikbud Muhadjir Effendi, Ketua Umum PP Aisyiyah Siti Noordjannah Djohantini, Dirjen GTK Kemendikbud Dr Supriyono, Rektor UM Malang DR Fauzan, dan rombongan, pada Minggu 28 Juli 2019.

Mantan Ketua PP Muhammadiyah periode 2000-2005 ini sudah beberapa hari dirawat di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Sleman. Buya ditangani tim dokter PKU Muhammadiyah dengan baik dan optimal. Banyak di antara tokoh nasional menjenguk Buya antara lain Mensesneg RI dan Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki yang diutus Presiden RI.

"Kami doakan agar Buya semakin sehat, beliau tokoh nasional dan tokoh Muhammadiyah yang dikenal egaliter, humanis, dan berwawasan kebangsaan luas yang diperlukan bangsa ini", kata Haedar.

Seperti diketahui, Buya Syafii harus menjalani rawat inap di RS PKU Muhammadiyah Gamping. Buya Syafii mesti menjalani rawat inap karena mengalami gangguan saluran kencing.

Asisten pribadi Buya Syafii, Erik Tauvani menyampaikan, sejak Rabu 24 Juli 2019, Buya Syafii dirawat di RS PKU Muhammadiyah. Erik menerangkan Buya Syafii sempat mengeluhkan kencingnya berdarah. Erik menambahkan saat ini kondisi Buya Syafii sudah mulai membaik. Buya Syafii, sambung Erik saat ini sudah bisa diajak bercanda.

"Bisa diajak bercanda juga. Cuma harus istirahat total, jadi agenda-agenda harus di-offkan," ujar Erik. (adi)

"Kami doakan agar Buya semakin sehat, beliau tokoh nasional dan tokoh Muhammadiyah yang dikenal egaliter, humanis, dan berwawasan kebangsaan luas yang diperlukan bangsa ini", kata Haedar Nashir.