Habibie Hobi Motoran seperti Jokowi

12 Sep 2019 12:00 Human Interest

Tak hanya Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang hobi touring atau naik motor. Hobi yang sama pernah dilakoni Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie.

Saat masih menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) era Orde Baru, Presiden ke-3 RI itu gemar naik motor alias touring.

Habibie bahkan mengoleksi motor gede (moge) Harley Davidson Softail Springer dan Badboy yang dibeli di Seattle, Amerika Serikat.

Ternyata ketertarikan B.J Habibie pada moge ada hubungannya dengan kesehatannya yang baru saja operasi jantung.

Karena mesin moge mempunyai getaran yang besar sehingga dapat membuat bekas jahitan di dadanya segera kembali normal.

Ketika menjabat Menteri Riset dan Teknologi, Habibibe juga sering mengendarai moge sambil berkunjung ke kawasan industri di Jakarta.

Hingga menjadi presiden, Habibie masih sering melakoni hobi mengendarai mogenya tersebut.

Habibie juga sempat menceritakan kalau dirinya sempat dipercaya Presiden ke-2 Soeharto untuk membonceng berkeliling Istana Negara.

"Saya bonceng Pak Harto. Itu Pak Harto tidak mau dibonceng siapa pun karena beliau tidak percaya. Itu sebenarnya menggarisbawahi kalau Pak Harto itu yakin (pada saya). (Dibonceng) Yang lain nggak mau dia. Karena ini interpretasi kepercayaan," cerita Habibie, beberapa waktu lalu.

Tapi jangan salah, meski hanya memboncengi di sekitar Istana Habibie dan Soeharto tak lupa menggunakan perlengkapan keselamatan yang cukup lengkap.

Terlihat Habibie menggunakan helm, kacamata, jaket, dan juga sepatu yang memang harus dilengkapi oleh para pengendara motor. Begitupula dengan Soeharto. Meski ia dibonceng di bangku penumpang menggunakan perlengkapan berkendara lengkap sama dengan Habibie.

Habibie sendiri juga sempat Soeharto naik motor sespan dan dirinya berada di samping.

Habibie diketahui memiliki koleksi mobil antik dan motor di garasi rumahnya yang berbentuk mirip parkiran mal.

Di garasi tersebut tampak berjajar puluhan mobil Mercedes-Benz antik yang diparkir rapi mengikut garis-garisnya.

Total ada 32 mobil terparkir di sana. Paling banyak terlihat berjejer di sana adalah Mercedes-Benz bermodel klasik meski tak dijelaskan secara detil modelnya.

Tak cuma mobil, Habibie juga memarkir motor gede (moge) antik. Motor diparkir dalam sebuah ruangan yang ditutup oleh kerangkeng tanpa gembok, melainkan sebuah garpu yang diselipkan ke selot.

Motor yang disimpan di garasi tersebut pun beragam mereknya dari buatan Amerika, Eropa, hingga Jepang.

Namun hobi motoran Habibie itu kini tinggal kenangan. Istri Ainun Habibie ini menghembuskan nafas terakhirnya di RSPAD Gatot Soebroto pada Rabu, 11 September 2019 pukul 18.03 WIB, dalam usia 83 tahun.