Gus Yahya: Gus Dur Sengaja Tertipu

10 Jan 2019 07:49 Cethe Gus Staquf

Katib Am Nahdlatul Ulama KH Yahya C. Staquf, di antara saksi dalam kehidupan KH Abdurrahman Wahid. Ia menulis di akun Facebooknya cerita antara Gus Dur ketika bersama dengan KH Ahmad Mustofa Bisri (Gus Mus).

Kemudian ada orang ketiga. Siapa dia?

Begini cerita yang oleh Gus Yahya diberi judul Kebangetan tersebut:

Gus Dur dan Gus Mus sedang mengobrol berdua ketika seseorang datang dengan wajah memelas. Orang itu mengadu dan berkeluh-kesah panjang-lebar kepada Gus Dur. Gus Mus tidak perlu menggunakan kecerdasannya untuk menandai bahwa segala omongan orang itu bohong belaka.

Maka Gus Mus pun jadi kaget sendiri ketika ujung-ujungnya orang memelas itu minta uang. Gus Dur tanpa ragu-ragu serta-merta memenuhinya dan memberikan uang dalam jumlah yang cukup banyak.

"Kok dikasih to, Gus?" Gus Mus menggugat setelah orang itu berlalu, "Wong omongan dia jelas-jelas bohongnya gitu kok!"

"Justru karena bohong itu, perlu dikasih", Gus Dur berkata ringan, "Dia nekad bohong itu 'kan sangking butuhnya. Kalau tidak bohong berarti tidak terlalu butuh." (adi)

"Maka Gus Mus pun jadi kaget sendiri ketika ujung-ujungnya orang memelas itu minta uang. Gus Dur tanpa ragu-ragu serta-merta memenuhinya dan memberikan uang dalam jumlah yang cukup banyak."
Reporter/Penulis : Riadi


Bagikan artikel ini