Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul), bertemu dengan para buruh pabrik kertas Tjiwi Kimia, di Sidoarjo, Senin 19 Maret 2018.
Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul), bertemu dengan para buruh pabrik kertas Tjiwi Kimia, di Sidoarjo, Senin 19 Maret 2018.

Gunakan Topi Gus Ipul, Ribuan Buruh Tjiwi Kimia Siap Menangkan Gus Ipul-Puti

Ngopibareng.id Jawa Timur 19 March 2018 17:01 WIB

Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul), bertemu dengan para buruh pabrik kertas Tjiwi Kimia, di Sidoarjo, Senin 19 Maret 2018.

Pada kesempatan itu, keponakan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini berharap agar perusahaan besar bisa bersinergi dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Jatim.

Kandidat nomor urut dua ini tiba di lokasi sekitar pukul 11.00 WIB. Kedatangannya disambut langsung oleh jajaran direksi dan para buruh pabrik kertas ini.

Para buruh bahkan ada yang mengenakan atribut topi bergambar Gus Ipul.

Pada sambutannya, Gus Ipul mengatakan bahwa perusahaan besar harus mampu bersinergi dengan UMKM, di antaranya untuk meningkatkan kualitas UMKM.

Sebab, UMKM menjadi salah satu aspek yang signifikan mengurangi pengangguran.

"Satu di antara masalah yang dihadapi Jawa Timur adalah pengangguran. Angkatan kerja di Jawa Timur mencapai lebih dari 800 ribu orang pertahunnya," ujarnya.

"Perusahaan besar banyak membantu untuk ikut mengurangi pengangguran. Misalnya untuk PT Tjiwi Kimia ini. Yang mana bisa menyerap hingga delapan ribu tenaga kerja," ujar kandidat nomor urur dua ini.

Namun, pihaknya tak lantas akan mengandalkan perusahaan besar saja dalam menyerap tenaga kerja.

Apalagi, apabila dari prosentase, perusahaan besar hanya bisa mengurangi sekitar tiga persen dari total angkatan kerja di Jatim.

Sisanya, tenaga kerja di Jatim banyak diserap sektor UMKM.

"Inilah pentingnya sinergitas antara UMKM dan perusah besar. Perusahaan besar tak perlu diganggu. Perusahaan menengah kita fasilitasi, sedangkan yang kecil kita dampingi," ulasnya.

Langkah sinergitas yang bisa dilakukan satu di antaranya dengan memberikan pendampingan.

Perusahaan besar bisa menjadi contoh dalam mengembangkan industri rumahan, mulai dari sisi permodalan, hingga manajerial.

"Saya begitu masuk ke perusahaan ini sangat terkesan. Saya lihat perusahaan ini sangat bersih dan rapi. Ke depan, kami akan mengajak industri yang kecil-kecil itu ke sini supaya mereka bisa mencontoh," jelas Wakil Gubernur Jatim non aktif ini.

"Saya ingin menjadi bagian dari perusahaan ini untuk terus bisa melakukan usaha - usaha yang nyata agar tetap menjadi pemenangan di pasar global," pungkas Gus Ipul.

Di sisi lain, Gijan Ongkoredjo, Kuasa Direksi PT Tjiwi Kimia, mendukung program yang dijelaskan oleh Gus Ipul.

"Kami sangat mendukung apa yang menjadi cita-cita pemerintah Provinsi ke depan. Selama ini, pemerintah provinsi telah membuktikan dukungannya terhadap industri kami," kata pria yang akrab disapa Ongki ini.

"Kami siap untuk bersinergi dengan pemerintah dalam mengembangkan ekonomi demi rakyat Jatim ke depan," pungkas Ongki. (wah)

Penulis : Haris Dwi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

03 Dec 2020 17:45 WIB

Elf vs Truk, Tiga Orang Meninggal Dunia

Jawa Timur

Tabrakan akibat dari kelalaian pengemudi

03 Dec 2020 17:30 WIB

Disbudpar Kota Surabaya Upayakan Penerapan 3M di Lokasi Wisata

Rek, Ojok Angel Tuturane

Juga sipersiapkan Satgas Covid-19, untuk ingatkan pengunjung

03 Dec 2020 17:15 WIB

Soal Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah, Ini Kata IDAI

Reportase

PTM harus mempertimbangkan kerentanan anak dan keluarga.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...