Gubernur Ganjar Pranowo dalam peringatan Hakordia 2020 dengan tema Gayeng Gerak Bareng secara virtual. (Foto: Dok. Pemprov Jateng)
Gubernur Ganjar Pranowo dalam peringatan Hakordia 2020 dengan tema Gayeng Gerak Bareng secara virtual. (Foto: Dok. Pemprov Jateng)

Gubernur Ganjar Genjot Kesadaran Antikorupsi Semakin Tinggi

Ngopibareng.id Nasional 03 December 2020 13:30 WIB

Hari Anti Korupsi se-Dunia (Hakordia) yang jatuh pada 9 Desember tahun ini diperingati secara virtual. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengapresiasi seluruh pihak yang tetap menjaga semangat integritas meski di tengah keterbatasan.

Hal itu disampaikan Ganjar usai menghadiri acara Puncak Peringatan Hari Anti Korupsi se-Dunia via Zoom, Kamis 3 Desember 2020. Ganjar juga berterimakasih pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Inspektorat Jateng yang telah terlibat dalam peringatan Hakordia 2020.

"Sebenarnya saya pengin merayakan Hakordia ini dengan lebih ramai lagi, tapi karena kondisi seperti ini maka tadi dilakukan secara virtual dan terimakasih KPK sudah terlibat dan tadi dari inspektorat kita juga," ujar Ganjar.

Lebih lanjut, Ganjar juga mengapresiasi keikutsertaan para peserta dalam sejumlah inovasi kegiatan yang dilaksanakan mulai dari edukasi hingga pembenahan. Dengan ini, kata Ganjar, masyarakat sudah mulai melek (melihat) sadar dan meningkat integritasnya.

"Saya menyampaikan terimakasih-lah atas partisipasi kawan-kawan dan masyarakat yang mulai melek, bahwa kecurangan-kecurangan di dalam birokrasi pengelolaan keuangan negara bisa dikurangi," kata Ganjar.

Di sisi lain, Ganjar juga menyebut bila kini makin banyak orang berintegritas, lapor harta kekayaan, lapor pungli, mulai tak mau memberi, jual beli jabatan mulai mengecil, hingga penggunaan anggaran makin transparan.

"Kalau itu terjadi dan betul-betul bisa (good) governence-nya terlaksana dengan baik, maka insyaallah masyarakat juga akan mendapatkan kesempatan baik" ujar Ganjar.

Meski peringatan Hakordia 2020 tak semeriah tahun 2019, Ganjar menyampaikan rasa terimakasihnya karena peserta yang terlibat tak hanya dari kalangan pelajar saja namun juga melibatkan perguruan tinggi dan mahasiswanya.

"Dan yang tadi saya suka libatkan perguruan tinggi mahasiswa pelajar semuanya agar kesadaran antikorupsinya semakin tinggi. Mboten korupsi mboten ngapusi (tidak korupsi tidak bohong)," tandasnya.

Dalam acara puncak peringatan Hakordia 2020 dengan tema Gayeng Gerak Bareng secara virtual tersebut juga diberikan hadiah pada pemenang lomba video untuk pelajar, lomba spanduk untuk sekolah yang diikuti 457 peserta.

Selain itu, rangkaian acara Hakordia 2020 juga dilaksanakan webinar sarasehan forum komunitas penyuluh anti korupsi dan webinar untuk pelajar bertema membangun generasi milenial antikorupsi.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

19 Jan 2021 02:24 WIB

Empat Ciri Masjid NU, Berdasarkan Alamiah Ibadah

Khazanah

Penjelasan Ustaz Ma'ruf Khozin, Direktur Aswaja NU Center Jawa Timur

18 Jan 2021 22:40 WIB

Wapres Dukung Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen

Nasional

Gerakan nasional donor plasma konvalesen perlu solidaritas masyarakat.

18 Jan 2021 22:30 WIB

Bahas Transfer ke Fenerbahce, Mesut Ozil Tiba di Istambul Turki

Liga Inggris

Gelandang Arsenal ini akan bermain di klub Fenerbahce.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...