Gempa Berkekuatan 5,2 SR Guncang NTB, Terasa Sampai di Bali

17 Mar 2019 16:08 Timur Indonesia

Warga Ampenan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, kembali dikejutkan oleh gempa bumi yang kekuatan guncangannya dirasakan cukup besar.

Warga berhamburan keluar rumah setelah merasakan guncangan gempa. Mereka merasakan guncangan yang cukup keras. "Besar sekali gempanya," ucap Sodiqin, seorang warga Mataram, Minggu, 17 Maret 2019.

Gempa sebelumnya terjadi pukul 14.09 WIB dengan kekuatan magnitudo 5,2. Titik pusat gempa berada di jarak 7 km arah barat laut Lombok Timur dengan kedalaman 11 km. Gempa disebut BMKG tak berpotensi tsunami. Belum diketahui apakah gempa menimbulkan kerusakan atau tidak.

Dikutip Antara, di dekat Pantai Ampenan, guncangan gempa dirasakan bergerak horizontal. Meskipun pergerakannya lamban namun periode guncangannya terasa cukup lama, sekitar satu menit.

Gempa ini juga dirasakan di Karangasem, Denpasar, Sumbawa, Lombok Utara, Lombok Timur, Lombok Barat, Lombok Tengah, dan Kuta.

Informasi dari warga yang bermukim di areal Kaki Gunung Rinjani, tepatnya di Desa Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, gempa yang terjadi cukup mengejutkan warganya. Banyak warga yang keluar rumah meskipun kondisi cuaca sedang hujan.

"Warga di sini pada kaget semua, soalnya lumayan besar gempanya, ini saja banyak yang di luar rumah, pada kehujanan, habis gempa itu turun hujan," ujar Rosidin.

Gempa yang dirasakan di tempatnya, diceritakan tidak berbeda dengan yang dirasakan warga di Kota Mataram, bergerak pelan dalam periode waktu cukup lama.

"Syukurnya guncangannya tidak keras, pelan, jadi tidak ada yang panik berlarian keluar rumah," katanya. (ant/wit)

Reporter/Penulis : Witanto


Bagikan artikel ini