KPK tengah menggeledah ruang kerja Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasa. Penggeledahan ini terkait dugaan gratifikasi terkait ijin tower telepon seluler.
KPK tengah menggeledah ruang kerja Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasa. Penggeledahan ini terkait dugaan gratifikasi terkait ijin tower telepon seluler.

Geledah Villa Bupati Mojokerto, KPK Sita 2 Kardus dan 1 Karung Berisi Uang

Ngopibareng.id Korupsi 26 April 2018 23:55 WIB

Setelah menyita 5 jetsky, 6 mobil mewah dan 2 motor baru milik Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasa, KPK kembali menyita barang bukti berupa satu karung dan satu kardus berukuran besar yang berisi uang.

Barang bukti ini disita dari sebuah villa milik Bupati MKP. Diperkirakan jumlahnya miliaran rupiah yang dititipkan di Polsek Magersari, Mojokerto.

AKBP Sigit Dany Setiyono, Kapolresta Mojokerto membenarkan adanya titipan uang hasil penyitaan KPK. "Ada beberapa barang seperti kendaraan dan uang tunai yang juga dititipkan," katanya, kepada wartawan, Kamis, 26 April 2018.

Ditanya nilai nominalnya, Sigit enggan merinci. "Nilai uangnya, kami tak bisa menyampaikan secara detail karena kami hanya mem-backup kegiatan KPK," katanya.

Sumber informasi di lapangan menyebut uang dengan jumlah besar yang saat ini disimpan dalam dua kardus besar dan satu karung ini disita dari sebuah villa pribadi milik MKP yang berada di Dusun Treceh, Desa Sajen, Kecamatan Pacet.

Sejumlah kendaraan mewah yang disita KPK dari rumah pribadi MKP di Desa Tampungrejo, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto antara lain mobil Rangerover nopol L 1213 HX warna merah, mobil Subaru WRX AWA nopol S 1168 P warna putih, mobil Honda New CR-V nopol S 1001 NB warna hitam.

Di samping itu juga jet ski merek SEA DOO tipe RXP300, Mobil All New Toyota Kijang Innova, Daihatsu Granmax nopol S 8021 NC putih. Dua sepeda motor yang disita juga bernilai mahal, antara lain motor Yamaha NMAX tanpa nopol warna putih dan Honda Sonic 150 tanpa nopol.

Semua kendaraan mewah yang ditaksir bernilai Rp5 miliar lebih saat ini sedang dititipkan di Polsek Magersari dan Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Surabaya.

Dalam penggeledahan lanjutan kemarin, selain menggeledah villa pribadi MKP, KPK juga menggeledah kantor dinas dan badan di lingkungan Pemkab Mojokerto. Sedikitnya ada 14 dinas yang telah digeledah KPK, dan terakhir dinas pemuda dan olah raga yang berada di Jalan Jayanegara. (wit)

Penulis : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

20 Oct 2020 09:15 WIB

Tipu Pencairan Dana Hibah Madrasah, KPK Gadungan Dibekuk Polisi

Kriminalitas

Tipu daya penyidik Tipikor Polda Jatim sekaligus anggota KPK gadungan.

19 Oct 2020 08:28 WIB

Kritikan Rencana Anggaran Mobil Dinas Baru Ketua KPK Rp1,45 M

Nasional

Ketua KPK, 4 wakilnya dan 5 Dewas dianggarkan dapat mobil dinas baru.

17 Oct 2020 11:05 WIB

Dewan Pengawas KPK Tolak Fasilitas Mobil, Ini Kata KPK

Nasional

Dewan KPK menolak pemberian mobil karena tidak pernah diajak ikut membahas.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...