Aktivis PCINU Tiongkok dalam suatu kegiatan di Beijing. (Foto: Istimewa)

Gelar MTQ dan MQK Online, PCINU Tiongkok Sambut Maulid Nabi

Pendidikan 05 November 2019 21:17 WIB

Memperingati Hari Santri dan Maulid Nabi Muhammad Saw, PCINU Tiongkok menggelar beberapa kegiatan lintas negara. Di antara kegiatan ini, yakni Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) dan Musabaqoh Qiraatul Kutub (MQK) secara online.

Lomba-lomba ini diikuti oleh santri-santri dan mahasiswa dari berbagai negara. Di antaranya Mesir, Turki, Tiongkok, dan beberapa negara lain.

Ada tiga cabang lomba yang dilombakan, yaitu Tilawah Al-Qur’an, Tartil Al-Qur’an, dan Qira’atul Kutub. Juara Cabang Tilawah Al-Qur’an diraih Sayyidat T dari Tiongkok (juara 1), Hasbullah dari Mesir (juara 2), dan Syarifah Huswatun Miswar dari Tiongkok (juara 3). Sementara untuk Cabang Tartil Al-Qur’an, juara 1 disabet oleh Muhammad Khaidir Huzain dari Mesir, juara 2 didapat Muhammad Nur Akbar dari Turki, dan juara 3 oleh Mohamad Mohni dari Tiongkok.

Adapun Cabang Qira’atul Kutib, pemenangnya adalah Nizam Noor Hadi dari Mesir (juara 1), Muhammad Romadhon dari Tiongkok (juara 2), dan Ayyun Aniqo Rizqiana (juara 3).

Ketua Panitia Lomba MTQ dan MQK, Faishol Firdaus, menyebut, para pemenang lomba masing-masing cabang akan mendapatkan hadiah sebesar 3.100 Yuan (Rp6,1 juta), 2.200 Yuan (Rp4,3 juta), 1.350 Yuan (Rp2,6 juta).

“Kegiatan lomba ini untuk memeriahkan Hari Santri 2019 di Tiongkok, akan tetapi bisa diikuti oleh santri seluruh dunia. Kegiatan ini awal PCINU Tiongkok mengadakan Lomba MTQ Internasional online, akan tetapi tahun depan insyaallah mengadakan lagi yang lebih baik,” katanya pada ngopibareng.id, Selasa 5 November 2019.

Sebagaimana diketahui, Lomba MTQ dan MQK menjadi salah satu dari tiga rangkaian kegiatan yang digagas PCINU Tiongkok untuk menyemarakkan Hari Santri 2019. Lomba ini memiliki tiga tahapan, yaitu pendaftaran (10-15 Oktober), pengambilan dan pengumpulan video (15-18 Oktober), dan pengumuman juara. “Para pemenang sudah diseleksi oleh juri yang kompeten dalam bidangnya,” tambah Faishol.

Selain Lomba MTQ dan MQK, PCINU Tiongkok juga mengadakan Webinar (Seminar Online) via Zoom dan pengajian di Najing untuk memeriahkan peringatan Hari Santri 2019 dan Maulid Nabi Muhammad Saw. Kegiatan ini juga untuk meningkatkan silaturanmi antar santri dan PCINU lintas negara.

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Aug 2020 00:10 WIB

Sinopsis Assalamualaikum Beijing: Kisah Cinta di Negeri China

Film

Assalamualaikum Beijing adalah film drama religi.

19 Jun 2020 13:25 WIB

Covid Muncul Lagi di China, Beijing Tutup Sekolah

Internasional

Wabah susulan kembali muncul di China.

14 Jun 2020 18:27 WIB

Beijing Kembali Diserbu Corona, Berasal dari Pasar Makanan

Internasional

Namanya Pasar Xinfadi, kali ini jadi sumber infeksi covid.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...