Gadget Berlebih Bisa Turunkan Kualitas Kelenjar Air Mata

13 Sep 2019 15:13 RS Mata Undaan
RS Mata Undaan

Pemakaian gadget yang terlalu lama bukan hanya menyebabkan candu bagi pemakainya, tapi juga dapat berimbas pada kelenjar air mata atau kelenjar lakrimalis yang akan menjadi berkurang kualitasnya.

"Kelenjar air mata dibutuhkan oleh mata untuk melindungi permukaan luar mata. Kandunganya ada lemak, air dan lendir, bila satu komponennya menurun tentu kemampuan proteksinya akan menurun," dr. Sahata PH Napitupulu,Sp.M dari
Rumah Sakit Mata Undaan (RSMU).

Lanjut Sahata, proteksi kelenjar air mata yang menurun akan membuat mata gampang mengalami iritasi. Kalau mata terkena udara, air atau pun debu akan mudah terkena iritasi, seperti mata mudah berair dan mata kering.

"Bahkan kena AC saja bisa menyebabkan mata mudah kering kalau kualitas kelenjar air matanya menurun," ujar dokter sub spesialis ophthalmologi umum dan katarak ini.

Menurut Sahata, bila hal iritasi pada mata terus terjadi karena mata tidak terproteksi dengan baik, tentu saja iritasi yang ringan tersebut bisa berlanjut pada iritasi yang berat dan berpengaruh pada kesehatan mata.

Sahata berpesan, sebaiknya untuk penggunaan gadget ada jeda saat pemakaiannya.

"Misalnya pemakaian 1 jam setelahnya istirahatkan dulu 10 menit. Lalu digunakan lagi itu tidak masalah. Asal ada istirahatnya dan teratur," terang Sahata. 

Imbuhnya,  bila sehari-hari memang harus bekerja menggunakan gadget dan komputer alangkah lebih baik, jika meluangkan waktu untuk melihat jauh sebagai relaksasi mata. Karena saat melihat jauh otot mata akan menjadi renggang dan rileks. 

"Sama seperti tubuh mata juga butuh relaksasi agar tidak tegang dan lelah," sambungnya. 

Penulis : Pita Sari
Editor : Moch. Amir


Bagikan artikel ini