Klarifikasi yang dilakukan pihak Ndresmo tentang foto KH Abdullah Muhajir mendoakan paslon Machfud Arifin-Mujiaman. (Foto: Istimewa)
Klarifikasi yang dilakukan pihak Ndresmo tentang foto KH Abdullah Muhajir mendoakan paslon Machfud Arifin-Mujiaman. (Foto: Istimewa)

Foto Ndresmo Dukung MAJU, Pembuat Meme Minta Maaf

Ngopibareng.id Pilkada 28 November 2020 15:15 WIB

Setelah tersebarnya foto editan berupa meme yang memperlihatkan Pengasuh Pesantren An-Najiyah Timur, KH Mas Abdullah Muhajir Baasyaiban, yang seolah-olah mendukung pasangan calon Machfud Arifin-Mujiaman di Pilkada Kota Surabaya, pembuat foto editan itu datang ke rumah KH Mas Abdullah Muhajir untuk meminta maaf sekaligus klarifikasi.

Ada dua orang yang datang ke rumah KH Mas Abdullah Muhajir untuk mengklarifikasi. Mereka adalah Mas Gusti, orang yang mengedit foto dan KH Agus Salim, orang yang memerintahkan untuk mengedit foto. Keduanya adalah warga Sidosermo, Kota Surabaya.

Mas Gusti mengakui, dirinya adalah orang yang mengedit foto KH Mas Abdullah Muhajir dengan ditambahi tulisan “Ya Allah menangkan Machfud Arifin”.

“Saya mengaku mengedit gambar seperti itu atas permintaan kakak ipar saya (Agus Salim). Saya hanya membuatnya saja, tanpa membagi ke siapa pun,” ujar Mas Gusti.

Dalam kesempatan itu, Mas Gusti juga menyatakan, dalam Pilkada Surabaya 2020 ini dirinya dan keluarga besarnya mendukung paslon Eri Cahyadi-Armudji. “Semua warga Sidosermo tahu kalau saya mendukung Mas Eri Cahyadi,” ungkapnya.

Sementara itu, Agus Salim selaku orang yang meminta mengedit foto berkilah, tidak menyangka foto editan tersebut akan tersebar keluar. Sebab niatannya hanya untuk candaan dalam grup keluarganya.

“Ini era politik. Sebenarnya saya pesan Mas Gusti untuk mengedit foto tersebut hanya untuk canda gurau di grup keluarga. Tapi tidak tahu kok bisa sampai keluar,” ujarnya.

Menurut informasi, dari KH Mas Abdullah Muhajir, Agus Salim adalah orang yang mendukung Machfud Arifin. Bahkan Agus Salim adalah orang pertama yang berani menerima kedatangan Machfud Arifin di Sidosermo. Padahal Sidosermo adalah kawasan pendukung Eri Cahyadi.

“Mas Gusti itu orangnya lugu. Dia tidak tahu apa-apa soal politik. Saat diminta mengedit foto saya, ya mau saja. Sebenarnya yang salah ya Agus Salim ini. Dia pendukung Pak Machfud di Sidosermo. Tapi saya sudah memaafkan semuanya,” pungkasnya.

Stiker meme KH Abdullah Muhajir mendoakan paslon MAMujiaman Foto Istimewa Stiker meme KH. Abdullah Muhajir mendoakan paslon MA-Mujiaman. (Foto: Istimewa)

Penulis : Alief Sambogo

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

28 Jan 2021 18:45 WIB

Gandeng BPN, Polda Jatim Siap Pantau Kasus Mafia Tanah di Jatim

Jawa Timur

Terlebih hal itu adalah program prioritas Kapolda Jatim, Nico Afinta

28 Jan 2021 18:30 WIB

Animal Defender Akan Beri Pendampingan Kasus Kucing di Medan

Nasional

Mereka tak ingin ada lagi kasus jual beli daging hewan non ternak terjadi

28 Jan 2021 18:10 WIB

Pengamat: Kapolri Harus Bisa Kembalikan Kepercayaan Masyarakat

Nasional

Selama ini masyarakat menilai Polri dengan image negatif.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...