Pemain Persebaya Surabaya saat merayakan gol David da Silva melawan Arema FC. (Foto: Persebaya.id)

Final Digelar di GBT, PSSI Jatim Imbau Jakmania Tak Hadir

Liga Indonesia 19 February 2020 06:30 WIB

PSSI Jawa Timur mengimbau suporter Persija Jakarta, Jak Mania, untuk tidak hadir di pertandingan final Piala Gubernur Jawa Timur yang akan diselenggarakan pada tanggal 20 Februari 2020 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, kandang Persebaya.

Imbauan itu disampaikan langsung oleh Sekretaris PSSI Jatim Amir Burhannudin, Selasa 18 Februari 2020 di Surabaya, beberapa saat setelah pertandingan semifinal berlangsung.

“Sama seperti Liga resmi ataupun turnamen yang lain, ketika pertandingan sepak bola yang fansnya sama-sama memiliki rivalitas yang tinggi, kesepakatannya tetap berlaku (supporter tamu tak boleh hadir),” kata Amir.

Ia mencontohkan dengan pertandingan Liga 1, antara Persebaya Surabaya melawan Arema FC. Selama dua laga berlangsung, jika bermain di GBT, maka Aremania diharapkan tidak hadir. Ketika digelar di kandang Arema, maka bonek mania tidak hadir.

“Itu patokan kami. Sama seperti biasanya,” katanya.

Pelarangan suporter tim tamu datang ke Surabaya diambil untuk menghindari terjadinya bentrokan antar suporter, baik di dalam lapangan maupun di luar lapangan. Terlebih, tensi rivalitas Bonek Mania dan The Jak terbilang cukup tinggi, meski beberapa waktu lalu sempat tenang.

“Kami punya komitmen jadwal pertandingan di stadion-nya aman. Sehingga pertandingan berjalan lancar, tidak ada gangguan apapun. Komitmen kami, kami akan menyelesaikan turnamen ini dengan baik,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Persebaya Surabaya berhak melaju ke partai final Piala Gubernur Jatim 2020, setelah Bajul Ijo berhasil melumat Arema FC di Semifinal Piala Gubernur Jatim dengan skor 4-2. Empat gol Persebaya di pertandingan ini dicetak oleh David da Silva menit ke-38, 70’, Mahmoud Eid menit 45+2’, dan Irfan Jaya menit 53’. Sedangkan dua gol Singo Edan dilesakkan oleh Johan Alfarizi di menit ke-3 dan Elias Alderat menit 73’.

Penulis : Alief Sambogo

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

05 Apr 2020 13:55 WIB

Twitter Hapus Ratusan Akun Palsu di Indonesia

Teknologi dan Inovasi

Ribuan akun buzzer penguasa juga dihapus dari berbagai negara.

05 Apr 2020 13:27 WIB

Longsor di Trenggalek, Timpa 6 Rumah

Jawa Timur

Selain itu longsor juga memutus jalur Trenggalek - Bendinngan.

05 Apr 2020 13:15 WIB

Lapas Terlalu Padat saat Pandemi Corona, 31.786 Napi Dibebaskan

Nasional

Jumlahnya akan terus meningkat.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.