Evakuasi longsor di Sumedang diperpanjang, 28 korban ditemukan. (Foto: Antaranews)
Evakuasi longsor di Sumedang diperpanjang, 28 korban ditemukan. (Foto: Antaranews)

Evakuasi Longsor Sumedang Diperpanjang, 28 Korban Ditemukan

Ngopibareng.id Nasional 17 January 2021 09:50 WIB

Tim SAR gabungan memperpanjang evakuasi korban longsor di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, selama tiga hari sejak Sabtu, 16 Januari 20210 lalu. Kini tiga korban longsor, kembali ditemukan, sehingga total 28 korban longsor telah berhasil ditemukan.

Kepala Basarnas Bandung Deden Ridwansyah menyebut korban terakhir berhasil dievakuasi pada Sabtu, 16 Januari 2021 petang. Korban ditemukan dalam kondisi meninggal, dan jenazahnya sedang diidentifikasi oleh tim DVI di Puskesmas Sawahdadap.

Total sepanjang Sabtu, petugas berhasil menemukan tiga korban yang tertimbun longsor. Dua di antaranya bernama Ajat Sudrajat usia 50 tahun, dan Abas Rohendi usia 27 tahun. Ketiga korban ditemukan di lokasi yang sama, yaitu di tempat hajatan warga.

Tiga temuan terakhir menggenapi korban tertimbun yang berhasil ditemukan, mencapai 28 orang. Tersisa 12 orang hilang yang belum ditemukan. Deden menyebut pencarian dengan 273 personel terus berlangsung dengan sejumlah kendala, seperti cuaca dan area yang sempit menyulitkan petugas membuang material. "Pencarian menggunakan dua unit alat berat dan lampu penerangan," kata Deden dikutip dari CNN, Minggu 17 Januari 2021.

Sementara hingga kini, sedikitnya 1.020 jiwa mengungsi akibat longsor. Titik pengungsian tersebar, kebanyakan di rumah kerabat, juga di Lapangan Taman Burung.

Diketahui, longsor pertama berlangsung pada Sabtu, 9 Januari 2021 sekitar pukul 16:45 WIB setelah hujan dengan intensitas tinggi terus mengguyur. Longsor susulan kemudian muncul pada pukul 19:30 WIB di hari yang sama, dan memakan korban yang lebih banyak, menimpa tim relawan dan warga lain yang sedang mengevakuasi korban longsoran pertama. (Cnn)

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Mar 2021 14:05 WIB

Undika dan Dispendik Beri Pelatihan Animaker Pada Ratusan Guru

Pendidikan

Undika dan Dispendik Beri Pelatihan Animaker Pada Ratusan Guru

01 Mar 2021 13:30 WIB

Jatim Jadi Provinsi Terbaik Dalam Penanganan Konflik Sosial

Jawa Timur

Salah satu penilaianya, penangan Covid-19.

01 Mar 2021 13:28 WIB

Ada Kandungan Boraks, Pabrik Krupuk di Sidoarjo Digrebek Polisi

Kriminalitas

Polisi menggrebek pabrik krupuk di Sidoarjo.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...