Lee Jin Hyuk, kontestan Produce X 101.

Eks Kontestan Produce X 101 Lee Jin Hyuk Idap Kelainan Jantung

ngopiK-pop 14 August 2019 17:40 WIB

Nama Lee Jin Hyuk naik daun setelah ia mengikuti ajang Produce X 101. Ia adalah salah satu kontestan yang paling populer di kompetisi ini, meski tak berhasil lolos sebagai pemenang yang debut dalam grup X1.

Kini, Lee Jin Hyuk mulai rajin diundang di TV. Yang terbaru adalah program Radio Star (MBC), yang tayang beberapa waktu lalu. Episode saat itu cukup spesial dengan judul "Don't Give Up" (jangan menyerah) yang menampilkan Kim Janghoon, Don Spike, Hyomin, dan Lee Jinhyuk.

Dilansir dari Soompi, Lee Jin Hyuk membuat sebuah pengakuan mengejutkan dalam tayangan tersebut. Anggota grup Up10tion ini mengaku bahwa ia sebenarnya menderita kelainan jantung.

"Untuk pertama kalinya aku membicarakan hal ini, sebenarnya aku punya sakit jantung. Aku menderitanya sejak lahir, jadi aku tak tahu banyak soal ini. Katup jantungku tak berfungsi dengan benar," tutur pria kelahiran 8 Juni 1996 ini.

Lee Jin Hyuk menyebut bahwa ia memiliki bekas luka operasi di dadanya. Saat masih kecil ia mengira semua orang punya bekas luka yang sama dengannya. Tapi saat SD, ia kemudian menyadari kekeliruannya ini.

"Saya tidak begitu mengetahuinya karena saya menjalani operasi tepat setelah saya lahir. Katupnya tidak bekerja dengan baik pada saat itu. Awalnya, saya pikir semua orang memiliki Pectus carinatum (kelainan tulang dada) dan luka di dada. Saya baru menyadari bahwa hanya saya yang memiliki luka itu sekitar kelas 4-5 SD," tuturnya.

Lee Jin Hyuk mengaku saat menjalani masa trainee sebagai idol, ia baru merasakan pengaruh dari kondisi jantungnya ini. Staminanya jauh di bawah rekan-rekannya.

"Stamina saya sangat lemah dibandingkan dengan anak-anak lain. Ibu saya pernah mengatakan kepada saya untuk berhenti jika saya merasa lelah, tetapi saya berpikir 'Kenapa aku harus menyerah karena ini?'. Jadi, saya berlatih keras dengan pemikiran 'Aku tidak akan menyerah dalam meraih impianku karena ini. Aku akan menghadapinya'," tutur Lee Jin Hyuk.

Beruntung, kondisinya membaik. Dokter juga dibuat kaget dengan perkembangan dirinya. Lee Jin Hyuk juga mengatakan karena kondisinya ini, ia tidak mengonsumsi alkohol dan kafein, juga tidak merokok.

"Saat saya masih trainee, jantung saya perlahan membaik dan otot jantung saya perlahan menjadi semakin kuat jadi keadaan saya makin membaik. Dokter utama saya mengatakan ia tidak menyangka kondisi saya akan berkembang seperti ini. Meskipun ini bukan kasus langka, dokter tersebut masih merasa ini sangat ajaib. Saya masih melakukan check up secara berkala," sambung dia.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

08 Sep 2019 22:30 WIB

Kim Sunghyun 'Produce X 101' Resmi Tinggalkan IN2IT

ngopiK-pop

Tinggalkan grup IN2IT, Kim Sunghyun wajib bayar penalti Rp 1,4 miliar.

29 Aug 2019 23:35 WIB

X1 Debut Album Quantum, Kim Yo Han Cedera Pergelangan Kaki

ngopiK-pop

Baru merilis album perdana dengan X1, pergelangan kaki Kim Yo Han terkilir.

16 Aug 2019 21:35 WIB

Belum Launching Album, X1 Sudah Masuk Chart Billboard

ngopiK-pop

Boygroup jebolan ajang pencarian bakat Produce X 101 eksis di tangga lagu Billboard.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...