Tak sopan menaikkan kaki saat menumpang kendaraan umum. (Foto: Istimewa)

Duh, Kakinya Naik di Sandaran Monitor Layar Sentuh di Pesawat

Human Interest 31 December 2019 10:20 WIB

Aksi tidak terpuji seorang penumpang pesawat, ada kalanya membuat penumpang pesawat lainnya mengelus dada akibat perilaku tak pantas sesama penumpang. Misalnya saja, mendapati penumpang lain menaikkan kaki ke atas sandaran kursi atas sandaran monitor layar sentuh.

Monitor layar sentuh di pesawat, merupakan suatu hiburan atau dikenal dengan nama In-flight entertainment. Penumpang bisa menonton berbagai film, mendengarkan musik sampai main game.

Namun seorang penumpang pesawat yang belum diketahui identitasnya itu, tak memanfaatkan hiburan yang disediakan di pesawat. Dia malah memakainya sebagai sandaran kedua kakinya.

Sayang, foto tersebut tak dijelaskan terjadi pada penerbangan apa, rutenya ke mana. Yang pasti, banyak netizen berkomentar dengan geram dengan prilaku tak terpuji itu.

Saat seseorang berada di tempat umum atau menggunakan transportasi umum, sudah seharusnya bertindak sopan dan saling menghargai. Jangan sampai kita melakukan tindakan aneh yang membuat siapapun mengernyitkan dahi atau merasa terganggu.

Sepele Tapi Penting, Etika Duduk di Angkutan Massal

Angkutan umum berbeda dengan kendaraan pribadi. Saat naik bus, kereta api, pesawat atau kapal misalnya, ada etika dan cara yang harus diperhatikan agar tidak mengganggu penumpang lainnya, bahkan untuk hal sesepele duduk.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan seputar duduk di angkutan umum.

1. Sembarangan Menyandarkan Kursi

Sandaran kursi penumpang jangan sampai disalahgunakan dengan seenaknya. Bagi penumpang di bagian depan sebaiknya tidak seenaknya memundurkan sandaran kursi, karena akan membuat sempit ruang gerak penumpang di belakangnya. Sedangkan penumpang lain jangan sembarangan mendorong sandaran kursi, siapa tahu orang di depan anda tengah tertidur lelap.

2. Menyandarkan Kepala di Bangku Depan

Demi bisa istirahat dengan nyaman, sebagian orang bahkan sampai menyandarkan kepala pada bangku di depannya. Penumpang yang ada di depan anda bisa saja terganggu. Apalagi jika anda tidurnya sambil mendengkur.

3. Duduk Mengangkang

Yang satu ini biasanya dilakukan oleh para pria. Jika di samping anda tidak ada penumpang lain, itu sah-sah saja. Beda lagi jika di samping anda memang ada penumpang, apalagi jika itu lawan jenis. Tindakan ini dianggap sangat mengganggu. Jadi duduklah dengan sopan.

4. Menggangkat kaki ke Atas Kursi

Menyandarkan kaki agar duduk jadi lebih nyaman biasa dilakukan sebagian penumpang angkutan umum. Jelas-jelas ini sangat mengganggu dan tidak menghargai ruang pribadi penumpang lain. Selain di angkutan umum, sebagian orang sengaja menaikkan kakinya saat nonton film di gedung bioskop.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

29 Feb 2020 09:40 WIB

Hoaks Jakarta Zona Kuning Penyebaran COVID-19

Nasional

Kemenkes beri penjelasan soal ‘Jakarta Zona Kuning Penyebaran COVID-19’.

29 Feb 2020 09:28 WIB

Empat Kuliner Khas Suroboyo

Surabaya

Kuliner khas Surabaya yang wajib dicicipi.

29 Feb 2020 09:15 WIB

Afghan dan Vidi Temani BCL Show Perdana Usai Kematian Ashraf

Musik

Tampil perdana usai sebelas hari meninggalnya suami, BCL masih menangis.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.