Kantor KPU Kota Surabaya di Jl. Adityawarman No.87. (Foto:Dok.Ngobar)
Kantor KPU Kota Surabaya di Jl. Adityawarman No.87. (Foto:Dok.Ngobar)

Dua Wartawan Terpilih Jadi Anggota KPU Kota Surabaya

Ngopibareng.id Surabaya 12 June 2019 12:08 WIB

Dua orang wartawan di Kota Surabaya, Jawa Timur terpilih menjadi komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya periode 2019-2024.

“Calon komisioner kabupaten/kota di Jatim terpilih akan dilantik di JW Marriott pada Kamis besok,” kata Ketua Komisi Jawa Timur Choirul Anam.

Menurut dia, berdasarkan Keputusan KPU RI Nomor 1052/PP.06-Kept/05/KPU/VI/2019 tangal 11 Juni 2019 Tentang Penetapan Calon Anggota KPU Kabupaten/kota Provinsi Jatim Periode 2019-2024, maka terpilih 10 komisioner.

“Untuk komisioner terpilih nomor urut 1-5 akan dilantik besok dan 6-10 sebagai cadangan,” katanya.

Adapun lima komisioner KPU Surabaya yang akan dilantik yakni Muhammad Kholid, Nafila Astri, Nur Syamsi, Subairi dan Soeprayitno.

Dari lima komisioner tersebut dua di antaranya komisioner petahana yakni Muhammad Kholid dan Nur Syamsi. Sedangkan dua lainnya dari unsur wartawan yakni Subairi dan Soeprayitno.

Subairi dan Soeprayitno merupakan mantan wartawan Koran Seputar Indonesia (Sindo). Selepas dari Sindo, Soeprayitno tetap melanjutkan profesinya sebagai wartawan di Koran Harian Pagi Memo X sebagai

koordinator liputan biro Surabaya. Sedangkan Subairi sebagai staf KPU Jatim.

Komisioner KPU Surabaya terpilih Soeprayitno mengatakan sebagai insan media, ia tersadar bahwa media adalah salah satu pilar demokrasi.

“Selama menekuni profesi sebagai jurnalis, komunikasi dengan lintas partai menjadi keniscayaan. Terutama kader atau perwakilan lintas parpol yang duduk di lembaga legislatif sebagai representasi rakyat,” katanya.

Selain itu, lanjut dia, selama menekuni profesi jurnalis, ia biasa menyapa perwakilan lintas parpol yang duduk di lembaga legislatif melalui berita.

“Bagi jurnalis, mereka adalah mitra,” katanya.

Bahkan, lanjut dia, ketika menjadi komisioner KPU pun, komunikasi tetap dikedepankan dengan semua partai, lintas partai. Marwah, independensi, integritas KPU sebagai lembaga penyelenggara Pemilu harus tetap dan terus dikedepankan.

Sementara itu, Subairi membenarkan jika dirinya akan dilantik KPU Jatim di JW Marriott Surabaya pada Kamis besok. (an/ar)

Penulis : M. Anis

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

30 Nov 2020 12:08 WIB

Saatnya Menyapa Anak Tiri Surabaya

Arif Afandi

Walikota terpilih ke depan mampu merangkul yang menjadi anak tiri.

18 Nov 2020 20:45 WIB

Debat Publik, MAJU Komitmen Benahi Pelayanan Publik Berbelit

Pilkada

Janjikan tidak ada lagi pelayanan yang menyusahkan warga

18 Nov 2020 12:37 WIB

Bawa Fakta dan Data MAJU Rileks Jelang Debat Publik Kedua Pilwali

Pilkada

Tema layanan dan peningkatan kesejahteraan ini menjadi menu kesukaan MAJU.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...