Dramatis, Liverpool Singkirkan Barcelona

08 May 2019 04:26 Liga Champions

Liverpool memastikan diri melaju ke final Liga Champions 2018-2019 setelah meraih kemenangan 4-0 secara dramatis atas Barcelona di leg kedua semifinal, Rabu 8 Mei 2019 di Anfield.

Mengawali pertandingan dengan tertinggal 0-3 secara agregat, Liverpool yang turun tanpa dua bomber andalannya, Mohamed Salah dan Roberto Firminho akibat cedera tampil percaya diri.

Tampil menekan sejak awal laga, Liverpool langsung menggebrak pertahanan Blaugrana. Hasilnya, Divock Origi membuka keunggulan tuan rumah di menit ke-8, 1-0 untuk Liverpool.

Barcelona bukannya tanpa perlawanan, beberapa kali skema serangan balik yang mereka bangun nyaris berbuah gol. Namun, penampilan gemilang Alisson Becker membuat kans Barca gagal berbuah gol.

Meski kedua tim saling berbalas serangan, hingga babak pertama usai, skor 1-0 untuk Liverpool tak berubah.

Usai turun minum, Liverpool yang masih defisit dua gol tampil lebih trengginas. Tekanan bergelombang mereka lakukan ke pertahanan Barca. Namun gempuran itu masih mampu diredam oleh barisan belakang tim tamu.

Untuk menambah daya gempur, Klopp memasukkan Georginio Wijnaldum. Keputusan Klopp cukup tepat, tak lama setelah memasuki lapangan, gelandang asal Belanda itu berhasil menggandakan keunggulan Liverpool menjadi 2-0.

Tak lama kemudian, Wijnaldum kembali menjadi mimpi buruk bagi Barcelona. Menerima umpan lambung Xrdan Shaqiri, sundulan Wijnaldum menghujam ke sisi kanan gawang Andre Ter Stegen, skor berubah menjadi 3-0 (agregat 3-3).

Keangkeran Anfield benar-benar terbukti di menit ke-78. Kecerdikan Aleksander Arnold melepaskan umpan tendangan sudut ke Divock Origi langsung disambar dan gol, 4-0 untuk Liverpool. Agregat berbalik 4-3 untuk Liverpool.

Barcelona mencoba menekan di menit tersisa. Namun berbagai upaya Lionel Messi dkk. selalu kandas di kaki para pemain Liverpool. Hingga laga berakhir, skor 4-0 untuk Liverpool tak berubah.

Dengan kemenangan ini, Liverpool berhak melaju ke final berkat keunggulan agregat 4-3. Liverpool akan bertemu pemenang duel Ajax versus Tottenham Hotspur.

 

Ajax berpeluang menjadi lawan Liverpool setelah meraih kemenangan 1-0 di leg pertama yang berlangsung di kandang Spurs. Namun, apa pun bisa terjadi. Tottenham akan tampil habis-habisan demi membalikkan keadaan.

Reporter/Penulis : Rizal A


Bagikan artikel ini